Tips Perawatan Kaki kering dan pecah-Pecah

Banyak hal dilakukan oleh para wanita untuk tetap terlihat cantik, seperti melakukan perawatan dari ujung rambut hingga ujung kaki. Treatment tersebut perlu juga dilakukan supaya penampilan tetap terlihat cantik dan tentunya selalu menarik. Umumnya para wanita lebih cendrung hanya melakukan perawatan kulit wajah dan melupakan salah satu bagian pada tubuh yang satu ini, yaitu kaki.

Tips merawat kaki kering dan pecah-pecah

Tips merawat kaki kering dan pecah-pecah
Image Credit: Bare legs in pose by stylesr1 at www.sxc.hu/photo/608180

Mungkin para wanita sering mengabaikan kaki mereka karena kesibukan atau pun berpikir kalo bagian yang kurang penting karena kaki tertutupi sepatu dan tidak terlihat, namun tanpa disadari bisa saja kaki mereka mengalami masalah seperti kaki kering, pecah-pecah,  bahkan bersisik. Padahal jika hal ini Anda alami kami yakin Anda akan merasa tidak nyaman, bahkan akan terasa sangat mengganggu sekali, bahkan bisa saja menyebabkan timbulnya masalah lain seperti kulit terkelupas dan retak yang rasanya tentu sangat menyakitkan.

Perlu diketahui, jenis kulit kaki yang kering akan bertambah parah jika terpapar pendingin udara atau terpapar cuaca kering terus menerus, belum lagi jika kaki juga terpapar zat-zat kimia dari deterjen, pembersih lantai dan lain-lain, maka kaki akan sangat perih dan gatal-gatal yg hebat.

Kaki yang kering dan bersisik biasanya disebabkan karena kaki tidak bisa memproduksi minyak tambahan yang diperlukan untuk menjaga kelembaban kulit. Tidak hanya itu selain faktor usia, terlalu sering mandi dengan air yang terlalu panas juga merupakan salah satu faktor terjadinya masalah kulit kering dan bersisik seperti ini.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mencegah terjadinya kaki kering dan juga pecah-pecah, yaitu:

  • Perbanyaklah minum air putih
  • Menjaga kebersihan kaki.
  • Menghindari mandi menggunakan air yang terlalu panas
  • Gunakan kaos kaki berbahan katun, supaya kaki selalu kering
  • Memilih sabun yang mengandung pelembab yang dapat melembabkan kulit kaki
  • Pilih sepatu berbahan kulit alami atau kain, karena memudahkan kulit untuk bernapas
  • Untuk Kulit kaki yang kering sebaiknya menggunakan body lotion pada daerah kaki, lotion yang digunakan untuk kulit kering sebaiknya yang mengandung pelembab sehingga dapat melembabkan kaki yang kering.
  • Merendam kaki menggunakan air hangat, atau anda bisa menambahkan lemon pada air untuk menghilangkan kulit mati dan mencegah terjadinya kulit kering pada kaki.
  • Pakailah sepatu yang tidak terlalu sempit agar kaki Anda bisa bernapas dan menghindari keringat yang berlebih pada kaki.
  • Usahakan tiap dua atau 3 hari sekali mengganti sepatu atau kaos kaki supaya terhindar juga dari bau kaki. ( minimal ganti kaos kaki)
  • Saat anda mandi, anda bisa mengosok tumit dan kulit kaki menggunakan batu apung, ini bertujuan untuk menghilangkan kulit mati atau kulit yang kering yang menempel pada kulit kaki, setelah itu selesai mandi gunakanlah pelembab kaki atai bisa juga baby oil.

Kulit kaki yang kering dan pecah-pecah akan sangat mengganggu penampilan dan bisa  menyakitkan bila tidak ditangani dengan benar. Selain itu apabila dibiarkan maka masalah yang akan Anda alami tidak hanya masalah kulit kaki kering saja, namun lama kelaman kulit kaki akan menebal dan mengalami pecah-pecah, dan yang lebih parah lagi kaki akan mengeluarkan darah dan terasa perih, oleh sebab itu pengobatan perlu dilakukan.

Mulai saat ini, sediakanlah sedikit waktu untuk merawat kaki Anda tersebut supaya kaki tetap sehat, terawat dan juga tetap indah.  Demikianlah beberapa tips sederhana mengatasi kuilt kaki yang kering,  bila masalah berlanjut jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan petunjuk yang lebih pasti lagi.

Comments are closed.