Tips Cara Menggunakan Sunblock Yang Benar

Bagi Anda yang sering beraktifitas diluar rumah atau diluar kantor mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya panas sengatan sinar matahari. Namun apakah Anda tahu jika terlalu sering terkena sengatan sinar matahari ternyata bisa mengakibatkan kulit menjadi kering, kusam, mempercepat penuaan dini, bahkan memperbesar reksiko terkena kanker kulit.

Cara menggunakan sunblock atau tabir surya yang benar

Cara menggunakan sunblock atau tabir surya yang benar
Image credit : Lotion by Duchesssa at www.sxc.hu/photo/1014834

Kulit tubuh manusia terdiri dari beberapa lapisan kulit, kulit terluar biasa disebut dengan kulit ari, sedangkan didalam atau dibawah kulit ari ada yang namanya lapisan jangat dan lapisan lemak. Pada kulit ari terdapat sel yang memang sangat penting dalam hal regenarasi kulit dan sel melanosit pembentuk pigmen eumelanin ( pigmen eumelanin berfungsi sebagai pelindung kulit dari sengatan sinar matahari dan yang membuat warna kulit.

Orang yang berkulit lebih gelap dipastikan memiliki sel melanosit yang jauh lebih tinggi dibandingan orang yang berkulit putih, tapi yang perlu diketahui adalah, dipastikan bahwa orang yang berkulit lebih gelap akan jauh lebih tahan terhadap sengatan sinar matahari, sedangkan orang yang berkulit putih akan lebih rentan mengalami efek buruk dari sengatan sinar matahari. Sinar matahari akan mudah menembus lapisan kulit ari, sehingga mudah terbakar dan bereksiko jauh lebih besar terkena kanker kulit.

Dibagian bawah artikel ini nanti akan dijelaskan beberapa istilah yang berkaitan dengan masalah sunblock atau tabir surya yang memang sering ditanyakan. Berikut ini simak tips cara penggunaan sunblock atau tabir surya yang benar.

1. Penggunaan sunblock atau tabir surya jangan hanya pada bagian wajah

Yang terkena sinar matahari tidak hanya wajah Anda bukan ? Tangan, leher, tenguk dan bagian kaki pun ada yang terkena sinar matahari, oleskan juga tabir surya pada bagian tersebut. Oleskanlah secara merata untuk mendapatkan hasil maksmal dari tabir surya yang Anda gunakan.

2. Sesuaikan jenis tabir surya atau sunblock dengan aktifitas Anda

Setiap orang pasti akan berbeda aktifitas dalam kesehariannya, ada yang bekerja didalam ruangan dan ada juga yang bekerja diluar ruangan dan berhadapan langsung dengan sengatan sinar matahari, oleh karena itu jenis tabir surya yang digunakanpun akan berbeda. Usahakan tidak menggunakan tabir surya dengan SPF diatas 50 untuk bagian wajah, hal ini dikarenakan sunblock atau tabir surya dengan SPF tinggi akan mengandung bahan minyak yang sangat tinggi pula.

Bagi Anda yang bekerja didalam ruangan, penggunaan tabir surya dengan SPF30 sudah cukup untuk melindungi kulit Anda, sedangkan untuk yang diluar ruangan dan berhadapan langsung dengan sinar matahari maka tabir surya dengan SPF50 bisa Anda gunakan. Perlu diketahui juga, sebenarnya penggunaan SPF30 dapat juga digunakan untuk diluaran ruangan, namun Anda perlu mengoleskannya lagi  5 atau 6 jam kemudian, namun jika Anda hanya sebentar beraktifitas diluar ruangannya maka SPF30 sudah cukup untuk melindungi kulit Anda.

Dibagian bawah artikel ini akan dijelaskan pengertian dari istilah SPF yang biasa digunakan dalam tabir surya, jadi simak dan baca terus yah.

3. Gunakan Sunblock minimal 15 menit sebelum keluar ruangan

Pada saat setelah dioleskan pada kulit, tabir surya membutuhkan waktu setidaknya 15 sampai 20 menit untuk dapat menyerap kedalam kulit, jadi oleskanlah tabir surya tersebut setidaknya 20 menit sebelum Anda berpaparan langsung dengan sinar matahari atau keluar ruangan.

 4. Gunakan sunblock yang bersifat Water Resistant and Waterproof saat berenang

Saat Anda berenang jangan lupa untuk tetap menggunakan sunblock atau tabir surya. Gunakanlah sunblock yang bersifat water resistant atau waterproof, karena sunblock ini bersifat tahan air. Lakukan pengolesan kembali setiap 60 atau 80 menit setelah  pertama penggunaan sunblock.

Iklim tropis seperti Indonesia terkenal cukup panas, sehingga memang bisa membuat kulit kita cepat hitam apabila terlalu lama berpanas-panasan, bahkan bisa saja sampai teriritasi. Kulit yang teriritasi karena sinar Ultra Violet ini biasanya akan terasa perih, pucat, bahkan kemerahan. Untuk itulah penggunaan sun block atau tabir surya menjadi sangat penting.

Pengertian istilah SPF pada sunblock

Seperti yang telah dijanjikan diatas, dibagian bawah artikel ini akan dijelaskan istilah yang sering digunakan dalam produk sunblock yaitu SPF. Kepanjangan dari SPF adalah Sun Protecting Factor, SPF adalah kemampuan sebuah tabir surya menurunkan jumlah UV yang sampai ke kulit kita. Sedangkan kode angka dibelakang SPF seperti 15, 30 dan lainnya menunjukan angka lamannya tabir surya atau sunblock tersebut dapat menahan sinar matahari yang mengenai kulit kita, cara perhitungannya adalah nilai tersebut dikalikan 20 menit. Nilai 20 menit ini merupakan batas toleansi lamannya kulit kita terkena sengatan sinar UV secara langsung.

Contoh SPF15 berarti Sunblock tersebut dapat menahan sinar ultraviolet selama 15 x 20 menit = 300 menit atau 5 jam, dan contoh lainnya adalah SPF30 yang berarti sunblock ini dapat menahan paparan sinar UV yang sampai kekulit kita selama 30 x 20 menit = 600 menit atau sekitar 10 jam.