Tips Alami Menghilangkan Panu di Wajah

Mungkin bagi sebagian orang bercak putih di wajah merupakan hal yang biasa akibat kulit yang mengelupas, namun anda perlu waspada bila bercak putih di wajah lama hilangnya, mungkin saja itu di sebabkan oleh penyakit panu. Panu merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang tidak terlalu berbahaya, namun panu bisa menyerang kulit tubuh bagian mana saja terutama bagi mereka yang kurang menjaga kebersihan kulitnya. Daerah punggung merupakan tempat paling sering terkena panu, namun tidak jarang wajahpun sering terkena panu.

tips alami menghilangkan panu

tips alami menghilangkan panu

Biasanya panu berwarna putih serta disertai sisik dan berwarna agak gelap tergantung warna kulit yang dijangkitnya, penyakit ini dapat tumbuh pada area kulit dengan penyebaran yang tidak merata sehingga tampak berbintik atau belang apabila tidak segera diobati. Panu biasanya disebabkan oleh jamur atau kuman yang berkembang pada kulit lembab, sehingga jamur dan kuman akan berkembang pada kulit yang sering berkeringat, panu akan bertambah parah bila anda memiliki kulit yang sangat sensitif.

Sebenarnya kita bisa mencegah panuĀ  dengan cara menjaga kebersihan tubuh kita, pakaian, dan juga handuk. Dengan mandi sehari dua kali kita bisa mencegah keringat yang berlebih pada tubuh kita, sedangkan pakaian da handuk yang kotor sebaiknya cepat diganti supaya kuman-kuman pada handuk yang basah tidak cepat berkembang.

Cara Mengobati Panu Dengan Bahan-Bahan Alami

Bawang putih – Kandungan antibakteri yang ada di bawang putih dapat berfungsi sebagai obat yang ampuh membunuh jamur penyebab penyakit panu. Caranya adalah dengan mengiris satu siung bawang putih, lalu usapkan pada kulit yang terinfeksi jamur panu. Lakukan cara ini 2-3 kali sehari. Secara berangsur-angsur panu akan mengering dan mengelupas sendiri, itu indikator bahwa kuman-kuman penyebab panu sudah mati.

Belerang – Belerang seringkali digunakan sebagai salah satu obat untuk berbagai penyakit kulit, salah satunya adalah panu. Kandungan mineral yang terdapat pada belerang mampu membunuh kuman-kuman penyebab panu di tubuh Anda. Caranya adalah dengan mengambil belerang secukupnya, tumbuk sampai halus. Lalu campur belerang yang sudah halus tersebut dengan minyak kelapa dan air perasan jeruk nipis, setelah itu balurkan pada kulit yang terkena panu. Lakukan pengobatan ini secara rutin 2-3 kali sehari, maka panu Anda akan segera sembuh dan hilang di kulit anda.

Belimbing – Kandungan vitamin C yang tinggi yang terdapat pada belimbing mempunyai fungsi sebagai pembunuh bakteri jamur penyebab panu. cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan belimbing dengan sedikit kapur sirih, lalu oleskanlah pada kulit yang berpanu, lakukan pengobatan secara konsisten 2-3 kali sehari. Beberapa hari kemudian panu dikulit Anda akan mengering dan sembuh.

Lengkuas – Lengkuas selain digunakan sebagai bumbu dapur, lengkuas memliki khasiat untuk mengobati penyakit panu. Cara penggunaannya pun sangat gampang yaitu lengkuas yang kandungan airnya masih banyak, oleskan pada kulit yang terkena jamur dan panu, penggunaan secara rutin 2-3 kali sehari dapat membantu mengobati penyakit panu di badan Anda.

Comments are closed.