Stretch Mark

CARA MENGHILANGKAN STRETCH MARK

Sebelum kita membahas tentang cara menghilangkan Stretch Mark ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu Stretch Mark. Stretch Mark adalah peregangan kulit yang melebihi dari batas elastisnya sehingga muncul guratan-guratan pada permukaan kulit yang berwarna putih. Lalu apa bedanya dengan Selulit? Kalau Selulit adalah sindrom kulit jeruk, sehingga permukaan kulit tampak bertekstur seperti kulit jeruk. Selulit biasanya terjadi pada daerah kulit yang banyak mengandung lemak, seperti daerah paha belakang, bokong, pinggang atau bahkan payudara.

Bagi orang yang memiliki daerah kulit yang terkena Stretch Mark maka sudah tentu hal ini sangat membuat tidak Percaya diri, terlebih jika terjadi pada wanita. Guratan pada paha belakang misalnya, wah tentu itu bisa mengurangi penampilan Anda dan membuat sangat tidak Pede.

FAKTOR PENYEBAB STRETCH MARK

Lalu faktor apa saja yang menyebabkan Stretch Mark itu bisa terjadi ? Simak dibawah ini:

  • Faktor utama penyebab terjadinya Strect Mark adalah peregangan kulit melebihi batas elastisitasnya. Seperti pada bagian perut ibu hamil serta pada kulit orang yang pernah gemuk lalu kemudian kurus
  • Kulit kekurangan kolagen dan elastin, yang mana keduanya adalah protein pengisi jaringan kulit
  • Karena faktor ketetidakseimbangan hormon yang mungkin disebabkan oleh faktor pubertas, depresi, kehamilan, dan mungkin obat-obatan.
  • Kekurangan nutrisi

Lalu bagaimanakah cara untuk mencegah atau mengurangi Stretch Mark ? Beberapa perawatan kulit yang tepat mungkin dapat mencegah atau mengurangi Stretch Mark, dan berikut adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan :

  • Minumlah minimal 8 gelas air segar / hari, dengan air yang cukup maka kulit akan lebih sehat dan lebih elastis
  • Mengkonsumsi makanan yang sehat yang mengandung banyak vitamin A, C dan E, protein dan mineral seperti sayuran, buah-buahan, wortel, susu, dan telur
  • Jika Anda sering mengkonsumsi minuman kaya kafein maka kurangilah, atau Anda harus minum lebih banyak lagi air putih dari yang telah disebutkan diatas
  • Lakukan perawatan menggunakan Krim atau lotion yang memang di khususkan untuk mengurangi stretch mark, lakukan pemijatan halus menggunakan krim ini. Ingat jangan menggaruk daerah yang terkan Stretch Mark, karena dapat memperparah kondisinya.
  • Untuk ibu-ibu hamil, sebaiknya menghindari penurunan berat badan secara cepat.
  • Melakukan senam ringan peregangan di pagi hari

Namun untuk sebagian orang khususnya wanita ada juga yang menginginkan cara yang instant untuk menghilangkan Stretch Mark ini pada kulit mereka, sehingga mereka berani mengeluarkan sejumlah uang yang tidak sedikit untuk perawatan kulit mereka. Meski demikian hasil yang didapatpun sebanding dengan uang yang dikeluarkan, Stretch Mark dapat hilang dalam waktu yang tergolong singkat.

Berikut beberapa metoda perawatan kulit yang sering dilakukan untuk menghilangkan Stretch Mark :

1

Cara Menghilangkan Stretch Mark menggunakan LASER
Dari namanya saja kita sudah bisa menebak bahwa jenis perawatan kulit ini tentulah tidak murah, namun hasilnya memang dapat dibuktikan. Dokter akan melihat dahulu seberapa parah Stretch Mark itu terjadi, dan menentukan berapa kali operasi laser itu dilakukan.

2

Cara Menghilangkan Stretch Mark menggunakan OPERASI (Abdominoplasty)
Jenis perawatan kulit ini juga tidak kalah mahal dibanding LASER, operasi ini akan melakukan pembuangan jaringan kulit yang rusak serta pengencangan kulit. Metoda ini bisa saja menimbulkan rasa sakit karena efek operasi, namun hasilnya pun tergolong efektif. Berbicara kepada Dokter ahli sebelum melakukan operasi sangat dianjurkan.

3

Cara Menghilangkan Stretch Mark menggunakan Chemical Peeling
Perawatan kulit jenis ini akan melakukan pengambilan bagian atas kulit yang mengalami Stretch Mark, prosesnya tergantung seberapa parah Stretch Mark ini terjadi. Atau bisa juga dengan metoda Dermabrasi yang akan menghapus atau menyamarkan bagian yang terkena menggunakan alat yang berputar seperti cakram khusus.

4

Cara Menghilangkan Stretch Mark menggunakan Mesotherapy
Metoda ini adalah cara menghilangkan Stretch Mark dengan cara menyuntikan cairan berisi Vitamin khusus ke dalam kulit yang terkena menggunakan jarum kecil. Daerah yang dapat diobati secara efektif, antara lain, paha, pantat, pinggul dan perut. Konsultasi dengan Dokter tetap diperlukan.


Semoga artikel singkat tentang Stretch Mark dan cara menghilangkannya bisa membantu Anda yang memang sedang mencari info tentang masalah ini. Baca juga tips kecantikan lainnya hanya di Perawatan-Kulit.com


Image Source :
Stretch Mark image credit: todosloscomo.com


Bagikan juga Informasi beguna ini untuk teman, kerabat, dan saudara anda…….. (^_^)

Comments are closed.