Mengenal Manfaat Daun Mint Untuk Kecantikan

Apakah Anda tahu daun mint? Daun unik yang mempunyai aroma mint ini sering dijadikan atau dimanfaatkan digunakan berbagai jenis produk, mulai dari penghias makanan, menambah aroma pada minuman, ataupun produk kecantikan. Rasa dingin yang dihasilkan oleh daun mint ini bisa memberikan efek nyaman sekaligus menghangatkan tubuh. Meski demikian kali ini kita tidak akan membahas semuanya, namun hanya akan membahas manfaat dari daun mint untuk perawatan kecantikan, dan salah satunya adalah untuk perawatan wajah.

Mengenal manfaat daun mint untuk kulit

Mengenal manfaat daun mint untuk kulit
Image credit: Mint Leaves by Kham Tran at commons.wikimedia.org/wiki/File:Mint-leaves-2007.jpg

Kandungan daun mint terdiri dari air, serat, protein, karbohidrat, asam amino seperti arginin, asam aspartat, gluttamico, alanin, leusin, glisin, prolin, serin, dan valin dalam persentase yang sangat tinggi. serta kandungan mineral yang berlimpah seperti kalsium, kalium, magnesium, tembaga, mangan, natrium dan fosfor. Selain itu kandungan Vitamin yang tidak kalah berlimpahnya seperti vitamin A, B, C dan D.

Salah satu alasan kenapa daun mint bermanfaat untuk kulit adalah  karena kandungan mentolnya. Menthol dikenal dapat meningkatkan sirkulasi dan sering digunakan dalam banyak produk untuk merangsang aliran darah ke seluruh tubuh. Hal ini membantu menutrisi kulit dan membuatnya merasa segar. Menthol juga dapat menghambat pertumbuhan patogen kulit yang umum disebut Staphylococcus aureus.

Manfaat daun mint untuk perawatan wajah

Tidak banyak orang akan berpikir untuk menggunakan daun mint untuk kulit tapi ramuan alami ini memiliki berbagai sifat yang membuatnya berguna dalam perawatan kulit.

Manfaat daun mint untuk Perawatan kulit berminyak

Daun mint telah digunakan sejak lama untuk membantu mengatasi kulit berminyak. Mentol dalam minyak peppermint dapat mendinginkan kulit yanglelah, mencerahkan kulit kusam dan membantu mengontrol produksi minyak berlebih. Bila diencerkan dengan minyak pengencer, seperti jojoba oil lalu dioleskan maka efeknya dapat menyegarkan kulit dan menghilangkan minyak. Dengan mengontrol dan menghilangkan kelebihan minyak pada kulit, minyak peppermint dapat membantu mencegah jerawat dan pori-pori tersumbat.

Manfaat daun mint untuk Mengatasi iritasi kulit

Zat mentol pada daun mint dipercaya dapat membantu iritasi pada kulit, karena sifatnya yang menenangkan. Daun mint juga mengatasi peradangan, kulit terbakar dan kulit kusam. Anda dapat mencampurkan irisan daun mint dengan madu sebagai antibakteri dan antioksidan sebagai masker wajah.

Manfaat daun mint untuk Mengatasi jerawat

Daun mint untuk membantu kulit dengan jerawat karena mengandung asam salisilat. Asam salisilat ( Salicylic acid ) merupakan exfoliant yang lembut yang dapat menghilangkan sel kulit mati dan pori-pori unclogs. Ini berarti bahwa daun mint bermanfaat untuk kulit karena membantu dengan pencegahan dan pengobatan jerawat.

Manfaat daun mint untuk Mengatasi kulit Kering

Daun mint dapat meningkatkan kelembaban kulit sehingga tampilan kulit kasar dan retak-retak menjadi berkurang. Sehingga, yang tampak adalah kulit yang lembab dan halus.

Manfaat daun mint untuk Mengangkat sel kulit mati

Daun mint juga ternyata mengandung asam salisilat yang berguna untuk mengangkat sel kulit mati. Hal ini  sangat bermanfaat untuk wajah untuk menghindarkan pori-pori supaya tidak tersumbat  sehingga bisa menyebabkan terjadinya jerawat. Daun mint bisa kita gunakan untuk perawatan kulit dan menjadikannya masker wajah ataupun lulur, Dengan rutin memakai masker wajah dari daun mint, kulitmu pun akan bersih, segar, dan berseri. Selain memberikan manfaat untuk kulit wajahmu, daun mint juga bermanfaat untuk mengatasi kulit kering dan kasar pada kulit tubuh.