Mengenal kanker kulit dan Penyebabnya

Kulit merupakan lapisan terluar dari tubuh kita, biasanya kulit ditumbuhi oleh bulu-bulu halus, dan berfungsi sebagai pelindung tubuh dari panas, sinar matahari, infeksi, dan lainnya. Didalam kulit terdapat lapisan yang dapat menyimpan air, lemak, dan juga vitamin D.

Mengenal kanker kulit dan penyebabnya

Mengenal kanker kulit dan penyebabnya
Image credit : Skin Cancer by John Hendrix, MD, en.wikipedia.org/wiki/File:Basal_cell_carcinoma.jpg

Kanker kulit merupakan suatu penyakit kulit berupa sel kanker yang tumbuh pada lapisan terluar dari kulit. Tingkat keganasan dari kanker kulit pun berbeda-beda, namun bisanya kanker kulit pada umumnya terjadi pada lapisan sel  skuamosa, basal dan melanosit. Kanker kulit biasanya tumbuh di epidermis (lapisan paling luar kulit), sehingga tumor (benjolan) dapat terlihat dari luar, sehingga kanker kulit merupakan jenis kanker yang paling mudah terdeteksi.

Faktor penyebab kanker kulit

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kanker kulit, dan diantaranya adalah sebagai berikut

1. Faktor Keturunan

Salah satu faktor terjadinya kanker kulit adalah masalah keturunan.  Bagi mereka yang orang tuanya mengidap penyakit kanker kulit, maka ada kemungkinan panyakit ini diturunkan kepada anak, cucunya dan juga keluarga kandung lainnya.

2. Cahaya Matahari

Cahaya matahari merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan penyakit kanker kulit. Apabila kulit kita sering terkena sinar matahari maka kulit akan mudah terbakar dan melepuh ketika terkena paparan sinar matahari langsung, oleh sebab tu sangat penting untuk anda menggunakan sunblok ketika berada diluar ruangan.

3. Bahan-bahan kimia.

Bahan-bahan kimia berbahaya biasanya banyak terdapat pada produk kecantikan ilegal yang banyak dijual bebas dipasaran. Zat merkuri adalah salah satu zat yang sangat berbahaya yang dapat memicu sel kanker, biasanya zat merkuri sering digunakan para produsen tak bertanggung jawab demi merauk keuntungan semata tanpa memperdulikan bahayanya. Sekarang zat ini sudah dilarang digunakan pada semua produk kecantikan.

4. Kekurangan Melanin.

Melanin merupakan pigmen yang memiliki peran yang sangat penting seperti memberikan warna pada mata, rambut, dan juga kulit, selain itu melanin juga mempunyai fungsi melindungi kulit dari paparan sinar UV. Biasanya orang yang kekurangan melanin (albino) akan memiliki kulit yang tampak lebih pucat dan bereksiko lebih terkena penyakit kanker.

5. Polusi Udara

Polusi udara atau bisa juga karena radiasi seperti radiasi nuklir. Mereka yang terkena radiasi nuklir maka dia sangat bereksiko mengalami kanker atau kelainan pada tubuhnya.

6. Faktor Usia

Kebanyakan orang yang terkena penyakit kanker adalah orang yang sudah berumur 60 tahun ke atas, mereka rentan terjangkit penyakit kanker kulit karena kekebalan tubuh mereka sudah berkurang dibandingkan kondisi tubuh orang normal.

Mengetahui penyebab kanker kulit merupakan langkah awal dalam upaya pencegahan terhadap penyakit ini. Menjaga kesehatan kulit sangat penting untuk dilakukan karena kanker adalah jenis penyakit yang sangat sulit untuk disembuhkan. Gunakanlah sunblock saat Anda keluar rumah disaat matahari terik, atau gunakan juga payung atau topi untuk mengurangi terjangan sinar UV yang berlebih pada kulit.

Comments are closed.