Mengenal Jenis Bunga Yang Digunakan Dalam Kosmetik Herbal

Saat ini kosmetik yang dibuat dari bahan herbal semakin banyak dipasaran, karena selain aman khasiatnyapun konon lebih bagus dari bahan kosmetik yang mengandung zat-zat kimia. Terlebih sekarang juga bertebaran kosmetik-kosmetik impor luar berbahaya yang tidak tercantum di badan POM Indonesia, produk kosmetik tersebut biasanya mengiming-imingi penggunaanya akan khasiatnya dalam waktu yang singkat.

Apa Itu Kosmetik Herbal

Jika ada yang bertanya apa itu kosmetik herbal maka penjelasan singkat tentang apa itu kosmetik herbal adalah sebagai berikut.

” Kosmetik herbal adalah segala macam kosmetik seperti sabun, lulur, lotion, lipstick, dan masih banyak lagi yang terbuat dari bahan-bahan tumbuhan asli alami atau ekstrak tumbuhan asli seperti bahan rempah-rempah atau bunga-bungaan yang sedang trend sekarang “

Dulu kosmetik herbal hanya didominasi oleh bahan atau ekstrak rempah-rempah saja, namun sekarang kitapun dapat dengan mudah mendapatkan kosmetik herbal yang berasal dari bunga-bungaan, seperti lulur herbal dari bunga, sabun, minyak esensial, lotion dan masih banyak lagi. Untuk kosmetik yang terbuat dari bunga-bungaan seperti lulur bunga, para ahli kecantikan berpendapat kelebihan dari menggunakan kosmetik herbal adalah bahwa kita bisa mendapatkan dua keuntungan saat menggunakan kosmetik herbal dari bahan bunga ini, yang pertama kita akan mendapatkan manfaat aromatheraphy dari bau harum yang berasal dari bunga, dan yang kedua adalah sudah barang tentu manfaat utama dari jenis bunga yang digunakan.

Manfaat dan jenis bunga yang sering digunakan dalam aneka kosmetik herbal

Tidak semua jenis bunga dapat digunakan untuk bahan kosmetik herbal ini. Perlu pengujian dan test laboratium untuk melihat apakah bunga tersebut layak dan bisa dijadikan sebagai bahan kosmetik herbal. Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini cukup banyak bunga yang sudah dijadikan bahan-bahan kosmetik herbal, dan sudah barang tentu mempunyai manfaat dan khasiatnya masing-masing.

Lalu bunga-bunga apa sajakah itu? Jika Anda sudah tidak sabar, maka inilah beberapa jenis bunga yang yang sering dijadikan produk kosmetik herbal:

1. Bunga Mawar ( rosaceae)

Selain sebagai lambang cinta, keindahan, dan kasih sayang, bunga mawar juga ternyata menyimpan manfaat yang luar biasa dalam dunia kecantikan. Dalam bunga mawar terdapat zat atau senyawa yang sangat bermanfaat untuk kecantikan seperti vitamin, termasuk vitamin A, B3, C, D, dan E. Selain itu, falvonoid (antioksidan), tanin, dan seng juga sering ditemukan dalam air mawar. Semua zat tersebut bekerja untuk meningkatkan tekstur dan kesehatan kulit secara keseluruhan.

2. Bunga Lavender

Manfaat bunga yang satu ini tidak kalah hebat dari bunga mawar, kita tahu bunga lavender banyak yang digunakan di industri kosmetik seperti lulur, sabun, esensial oil, aromatheraphy dan masih banyak lagi. Salah satu kandungan utama seperti senyawa linalool asetat dipercaya dapat mengendurkan sistem kerja saraf dan otot yang tegang, inilah mengapa aroma bunga lavender sering dijadikan aromatherapy. Selain itu minyak essensial bunga lavender juga sangat bermanfaat untuk kulit seperti untuk mengatasi jerawat, kulit terbakar, dan sebagai antibakteri.

3. Bunga Melati (jasmine)

Tidak hanya dimanfaatkan sebagai bahan campuran teh, ternyata bunga melati juga dipercaya dapat membuat kulit menjadi putih alami. Selain itu bunga melati juga bersifat anti-bakteri, anti-oksidan, anti kanker, dan sebagai salah satu bahan populer karena aroma wanginya yang sangat harum maka bunga melati sering juga dijadikan untuk merilekskan tubuh sebagai bahan aromatherapy.

4. Bunga Lily (Lilium Candidum)

Pasti semua setuju jika kami mengatakan bahwa Bunga lily selain cantik juga dipercaya sangat baik untuk tubuh dan juga kulit. Beberapa zat yang dikandung oleh binga liliy seperti flavonid (yang dikenal sebagai anti oksidan, anti kanker, dan membantu regenerasi kulit), karotenoid yang berfungsi sebagai anti oksidan, Saponin (yang juga dikenal sebagai zat penghambat tumbuhnya sel kanker.

5. Bunga Sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L)

Bunga cantik berwarna merah, kadang orange atau pink dengan lima kelopak dan 1 mahkota ini ternyata tidak banyak orang yang tau akan manfaatnya buat kecantikan. Bunga sepatu sering digunakan dalam resep perawatan kulit & rambut karena mengandung agen firming, yang tidak hanya memiliki efek menenangkan pada kulit, tetapi juga menghaluskan keriput, juga memberi kesehatan pada rambut / kulit kepala.

6. Bunga Lotus
Tercatat dalam sejarah yang membentang ribuan tahun, bunga teratai Asia yang diturunkan dianggap sebagai tanaman suci. Terlihat Manis dan harum, menfandung kaya akan antioksidan dan dapat menjadi kondisioner kulit karena kemampuannya untuk kulit mengatasi kering, menjadikan kulit lebih elastis, memudarkan bintik-bintik cokelat dan menghapus garis-garis halus dan kerutan. Kaya juga akan enzim anti-penuaan, akar tanaman berlimpah vitamin B dan C dan zat besi yang semuanya bermanfaat bagi kulit

Itulah beberapa jenis bunga yang sering dijadikan bahan untuk kosmetik herbal, beberapa ada yang diekstrak, ada juga yang diolah langsung dijadikan lulur, dan bahan kosmetik lainnya, yang terpenting semuanya bermanfaat.