Mengatasi kebotakan Dengan Follicular Transfer / Cangkok rambut

Apa itu Follicular Transfer, atau Follicle Follicular Transfer ? Di Indonesia ini mungkin dikenal dengan istilah cangkok rambut.

Follicle Follicular Transfer atau cangkok rambut adalah mengambil atau mentransplantasi rambut dari kepala donor rambut ke kepala orang yang akan didonor. Biasanya rambut yang ditransplantasikan perkelompok rambut, dan perkelompok rambut terdiri 1-4 rambut. Persis seperti mereka tumbuh di tempatnya (kepala). Teknik ini dilakukan dengan prosedur pembedahan yang cukup rumit, dan hanya bisa dilakukan oleh dokter spesialis / ahli yang berpengalaman.

Folikular transfer atau cangkok rambut adalah teknik restorasi rambut yang modern. Dan ini adalah sebuah kemajuan besar atas prosedur transplantasi rambut sebelumnya yang telah lama digunakan. Sebelumnya, transplantasi rambut atau cangkok ini mengambil area rambut yang lebis besar dan hasilnya sering menghasilkan pluggy, terlihat tidak alami.

Dalam metoda follicular transplantasi yang baru ini , pengambilan folikel rambut dilakukan sedikit demi sedikit dan disempurnakan, yang mana hasilnya akan meniru cara rambut tumbuh di alamnya sehingga tidak terlihat sebagai hasil transplantasi rambut. Hal ini mungkin berkaitan dengan teknologi yang digunakan yang semakin maju dan canggih.

Sejarah dan Awal  Follicular Transfer / Cangkok rambut di Perkenalkan

Transplantasi rambut pertama diperkenalkan oleh Dr Norman Orentreich pada akhir 1950-an, di Amerika Serikat. Dia mengusulkan konsep yang diberi nama “Donor Dominance“. Ide tersebut menunjukan bahwa bagian yang dicangkokan pada daerah baru (area kepala pasien) tetap berkarakteristik seperti dimana rambut tersebut diambil. Prinsip ini memberikan dasar untuk semua operasi transplantasi rambut. Meskipun “Donor Dominance” diasuransikan bahwa rambut transplantasi akan terus tumbuh, hal itu tidak menjamin bahwa hasil akan terlihat alami.

Proses Follicular Transfer / Cangkok rambut dilakukan dalam Dua Tahap

Tahap pertama Follicular Transfer / Cangkok rambut

Pada tahap pertama ini, yang disebut juga FUE (follicular unit Ekstraksi), yaitu pengambilan langsung  folikel rambut dari daerah donor. Ahli bedah akan memilih unit folikel rambut dari daerah donor dengan pola memilih area yang mempunyai resiko terjadinya masalah lebih rendah pasca operasi pengambilan ini dilakukan.

Dokter bedah akan menggunakan hentakan/pukulan kecil menggunakan alat khusus (semacam jarum khusus dengan diameter 0,75 – 0,9 mm) untuk mencabut unit folikular, dan tidak perlu mengambil kulit belakang kepala seperti metoda terdahulu. Manfaat FUE adalah: waktu penyembuhan lebih cepat, trauma jauh lebih sedikit, tidak ada bekas luka sayatan, dan dokter bedah mampu untuk memilih unit folikel (dengan memilih folikel rambut yang sehat, sehingga pertumbuhan pada  kebanyakan pasien dapat didorong sampai 100%). Serta ketidaknyamanan di daerah donor bisa diminimalisir pasca operasi.

Tahap kedua Follicular Transfer / Cangkok rambut

Dokter bedah menggunakan jarum halus untuk menusuk daerah kepala pasien (area kulit kepala yang akan didonor), untuk menanamkan cangkokan, dengan membuat lubang/sayatan berukuran mikro dengan kerapatan dan pola yang telah ditentukan, supaya nantinya rambut tumbuh dengan baik dan nampak realistis (nampak seperti bukan hasil cangkokan). Hal ini kemudian diikuti oleh fase akhir ketika ahli bedah memasukkan cangkokan dalam sayatan yang sudah siap.

Teknik ini menawarkan prosedur “Minimally invasive surgical”. Sebuah teknik bedah menggunakan alat-alat canggih, sehingga dapat mengurangi kerusakan pada jaringan manusia ketika melakukan operasi, dan dari segi waktu pemulihan yang lebih singkat dan mengurangi risiko komplikasi. Meskipun begitu hanya ada beberapa ahli bedah yang telah menguasai prosedur ini dalam semua aspek, karena teknik ini membutuhkan banyak latihan dan beberapa tahun untuk bisa melakukannya dengan sempurna.

Setelah membaca ini, apakah Anda tertarik untuk mencobanya. Kalau Anda tertarik, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya. Semoga artikel mengenai Follicle Follicular Transfer  atau Cangkok Rambut ini bermanfaat untuk Anda.

Image source credit: Harley Street Hair Clinic

Sumber referensi: http://www.hshairclinic.co.uk/hair-loss-treatment/fue-hair-transplant/what-is-ft/