Masker Baking Soda

Apa Itu Baking Soda ?

Baking soda, atau dikenal sebagai soda bikarbonat, natrium bikarbonat  adalah garam kimia dengan manfaat praktis yang beragam. Dengan rumus kimia NaHCO3. Senyawa ini merupakan kristal yang sering terdapat dalam bentuk serbuk. Natrium bikarbonat larut dalam air. Senyawa ini biasa digunakan dalam membuat roti atau kue karena bereaksi dengan bahan lain membentuk gas karbon dioksida, yang menyebabkan roti “mengembang”.

Cara membuat masker baking soda cukup mudah, pertama bersihkan wajah dengan pembersih yang lembut yang memang cocok dengan kulit Anda, lalu campurkan air hangat dengan beberapa tetes baking soda pada tangan. Campur perlahan sampai terbentuk seperti pasta, lalu oleskan masker ke wajah Anda sampai rata, hati-hati area sensitif seperti mata.

Diamkan masker baking soda di kulit Anda selama 10 sampai 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan lap kain yang lembut. Keringkan kembali wajah Anda dengan handuk tangan yang lembut, kemudian berikan pelembab bebas minyak pada wajah dan leher Anda untuk menambahkan kelembaban pada kulit Anda dan menyeimbangkan kadar pH kulit Anda.

Apabila Anda memiliki jenis kulit yang berminyak atau berjerawat, maka masker wajah ini cocok untuk Anda. Berapapun usia Anda kulit berminyak dan jerawat adalah dua hal yang mempengaruhi siapa saja pada waktu yang berbeda dalam hidupnya.  Merokok, minum minuman, kurang tidur, dan stress adalah beberapa faktor yang dapat memperburuk dua masalah kulit ini termasuk  jenis diet yang sedang Anda lakukan.

Manfaat Masker Baking Soda

Masker Baking soda bekerja untuk menghapus sekresi minyak yang berlebihan dari kulit dan berfungsi untuk mengeringkan jerawat yang tampaknya telah membuat rumah permanen di wajah Anda. Jika kulit Anda berminyak dan tidak ingin kulit tersebut semakin berminyak maka Anda perlu menggunakan pelembab yang bebas minyak pagi dan malam. Para pakar kecantikan meyakini bahwa jika Anda menggunakan pelembab yang bebas minyak, maka kulit Anda tidak akan terjadi kelebihan minyak di wajah Anda. Pastikan juga hanya menggunakan kosmetik yang bebas minyak juga.

Masker baking soda terbukti dapat meminimalkan jerawat dari waktu ke waktu karena kemampuannya untuk membantu menghapus komedo hapus. Komedo sendiri berasal dari kelebihan minyak dan bakteri penyebab jerawat yang terperangkap dalam pori-pori kulit. Masker ini cukup lembut pada beberapa jenis kulit, meskipun dapat juga menyebabkan sensasi sedikit menyengat, dan telah digunakan sebagai obat jerawat dalam waktu yang lama. Sebaiknya maksimal menggunakan masker ini sekali seminggu, supaya minyak alami yang bermanfaat untuk kulit tidak ikut hilang dan kering.

CATATAN:

Sebelum menggunakannya secara keseluruhan pada wajah Anda, sebaiknya lakukan test alergi atau test sensetifitas pada kulit Anda. Gunakan sedikit dulu dan aplikasikan pada sebagian kecil kulit Anda, diamkan semalaman dan lihat reaksinya. Jika kulit Anda tidak merasakan apa-apa dan aman maka Anda bisa menggunakannya dengan tenang.

Baking soda atau masker baking soda dapat memiliki efek pengeringan yang berlebihan pada kulit. Anda mungkin saja akan mengalami rasa yang menyengat atau terbakar, kekeringan, atau rasa gatal. Jika kulit Anda tidak kuat menahan masker wajah ini maka segera bilas, dan oleskan pelembab bebas minyak untuk mendinginkan dan melembabkan kulit Anda langsung.

Comments are closed.