Manfaat Teh: 5 Tips Perawatan Muka Menggunakan Teh

Perawatan muka menggunakan teh pernahkah Anda mencobanya. Jika belum, maka info menarik ini layak Anda simak. Teh adalah salah satu tumbuhan yang sangat kaya akan kandungan senyawa katekin, yang dikenal sebagai zat anti oksidan. Dimana zat antioksidan ini mampu menangkal dan mengurangi efek serangan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit, sehingga proses penuaan kulit menjadi lebih lambat.

Perawatan wajah menggunakan teh

Perawatan wajah menggunakan teh
Image credit: Tea by linno, at www.freeimages.com/photo/1229175

Selain itu, perawatan muka menggunakan teh juga dipercaya dapat menghaluskan dan mengencangkan wajah, mengatasi kulit yang terbakar karena efek sinar matahari, mengatasi masalah jerawat, serta mengatasi lingkar hitam pada mata dan mata bengkak. Banyaknya manfaat teh untuk kecantikan ini membuat teh menjadi salah satu bahan yang digunakan dibanyak produk kosmetik. Seperti sabun, cream jerawat, lotion, sunblock, sampho0, hingga pasta gigi dan cairan kumur. Lalu, bagaimanakah cara melakukan perawatan muka menggunakan teh secara langsung, simak info selengkapnya berikut ini.

Ini Dia 5 Tips Alami Perawatan Muka Menggunakan Teh

Sebagai tambahan informasi saja untuk Anda yang hendak menggunakan teh untuk merawat muka atau wajah Anda, Anda mesti tahu, teh jenis mana yang mengandung senyawa katekin yang paling tinggi. Karena banyak jenis teh yang beredar disekitar kita, tapi kita tahu teh jenis mana yang sebaiknya digunakan.

Jadi jika diurutkan dari yang mempunyai senyawa katekin yang paling tinggi hingga ke teh yang kandungan katekinnya paling sedikit adalah, teh hijau, teh oloong, dan terakhir teh hitam. Teh hijau mempunyai kandungan senyawa katekin yang paling tinggi, yaitu sekitar 16-30% senyawa katekin. Meski bisa saja angka ini berubah karena faktor iklik, kesuburan tanah, dan tingkat kematangan daun, tapi tetap teh hijau adalah jenis teh yang mempunyai kandungan katekin paling tinggi sehingga bisa dijadikan pilihan untuk proses perawatan muka menggunakan teh Anda.

1. Merawat kecantikan dan merawat kulit muka dengan teh

Mungkin cara ini sudah sering Anda dengar. Yaitu dengan menggunakan teh basi, atau menggunakan teh yang didiamkan semalaman sebelum Anda menggunakannya untuk membasuh wajah Anda. Jadi caranya adalah, sebelum tidur Anda hanya tinggal menyeduh teh dengan air hangat dan mendiamkannya semalaman. Lalu saat bangun tidur gunakanlah teh basi tersebut untuk membasuh wajah Anda, atau istilah lainnya yaitu mencuci muka dengan teh basi tersebut. Lakukan sesering mungkin untuk mendapatkan wajah yang halus berseri.

2. Perawatan lingkar hitam pada area mata menggunakan teh

Perawatan muka menggunakan teh selanjutnya adalah mengatasi lingkar hitam pada area mata, atau biasa dikenal dengan mata panda. Biasanya masalah ini mungkin disebabkan oleh faktor kelelahan, kurang tidur ataupun sebab lainnya. Anda bisa coba mengatasinya dengan menggunakan kapas yang direndam beberapa saat didalam air teh hijau, lalu tempelkan kapas tersebut pada area mata sambil terpejam, dan diamkan kira-kira 10-20 menit. Rileks’lah saat pengompresan ini dilakukan. Anda bisa melakukan terapi ini sebelum tidur.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan kantung teh hijau celup bekas. Yaitu dengan memasukan 2 kantung teh celup bekas tersebut didalam lemari es semalaman sebelum digunakan. Lalu kompreskan pada area mata sambiil terpejam. Diamkan kurang lebih 10 hingga 20 menit.

3. Mengatasi kerut disekitar kantung mata

Caranya mungkin hampir mirip. Cuman bedanya sekarang kantung teh celup di celupkan beberapa saat kedalam air hangat. Mungkin habis digunakan untuk membuat teh, kantung tersebut bisa langsung digunakan dengan cara diletakan pada area kerutan disekitar mata. Diamkan kira-kira 10-15 menit. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Mengatasi jerawat dengan uap teh hijau

Siapkan teh hijau secukupnya, lalu masukan kedalam waskom atau panci berisi air panas. Lalu dekatkan wajah dengan waskom atau panci berisi air teh tadi. Lalu kerudungkan handuk ke kepala sehingga menutupi kepala, maksudnya supaya uap teh hijau tadi tidak keluar dan hanya menguapi wajah Anda. Biarkan uap tersebut mengenai wajah Anda selama 15-20 menit. Jika dilakukan secara rutin mudah-mudahan jerawat Anda akan hilang.

5. Mengatasi kemerahan pada wajah

Kulit merah yang terjadi pada wajah kita mungkin saja disebabkan oleh beberapa penyebab, bisa dari sengatan sinar matahari ringan atau ruam alergi terhadap rosacea, (Rosacea adalah suatu kondisi peradangan kronis dari kapiler berada di bawah kulit wajah Anda). Seringkali keadaan ini menjadi tidak sedap dipandang, meskipun ruam gatal karena rosacea dapat membuat wajah Anda terasa panas dan tidak nyaman. Jadi, pengobatan rumahan menggunakan teh hijau pada bagian wajah ini akan membantu mengatasi dan menenangkan kulit untuk meringankan peradangan dan iritasi.

Caranya, seduhlah teh hijau kemudian dinginkan. Rendam kain yang bersih lap dalam seduhan teh hijau tersebut, lalu peras perlahan dan terapkan kain tersebut pada wajah Anda untuk menghilangkan kemerahan. Lakukan beberapa kali selama 15-20 menit. Teh hijau memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menyempitkan pembuluh-pembuluh darah yang menyebabkan kemerahan pada wajah. Selain itu, suhu dingin juga akan membantu untuk mengurangi peradangan.

Itulah beberapa manfaat teh, khususnya teh hijau untuk perawatan muka. Mungkin masih banyak manfaat teh hijau untuk perawatan muka lainnya, seperti dijadikan masker teh hijau, ataupun digunakan sebgai toner untuk menyegarkan wajah. NAmun akan kita ulas dalam artikel yang berbeda. Jadi, seoga saja artikel mengenai “perawatan muka menggunakan teh ” ini bermanfaat untuk Anda semua.