Manfaat Rumput Laut Untuk Kulit

Siapa yang tidak mengenal rumput laut, tumbuhan yang bertekstur seperti agar ini biasanya kita jumpai dilaut, biasanya rumput laut dijadikan olahan seperti agar, atau pun rujak yang menggunakan rumputlaut, serta minuman yang dicampur dengan rumput laut, akan tetapi rumput laut juga mempunyai manfaat lain untuk kecantikan.

Manfaat rumput laut untuk kecantikan kulit dan tubuh

Manfaat rumput laut untuk kecantikan kulit dan tubuh
Image credit: Yellow Seaweed by Maiapi, at www.sxc.hu/photo/1383234

Ya, kandungan mineral yang terdapat pada rumput laut ternyata sangat kaya dan dibutuhkan oleh kulit seperti kandungan Vitamin B kompleks, C, Magnesium, dan berbagai mineral lainnya yang membantu metabolisme sel kulit. Kandungan mineral yang ada pada rumputlaut dipercaya dapat melancarkan metabolisme aliran darah dan mengeluarkan racun yang ada pada tubuh.

Rumput laut mengandung Antioksidan

Senyawa fenol yang terdapat pada rumput laut adalah senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan, selain itu rumput laut kaya juga serat Iodium dan mineral-mineral penting lainnya. Radikal bebas adalah suatu molekul sifatnya sangat labil dan sangat reaktif sehingga dapat menimbulkan kerusakan pada tubuh manusia, disinilah sebenarnya fungsi dari Antioksidan disamping manfaat lainnya seperti mencegah pemicu penyakit regeneratif seperti : kanker, jantung, katarak , diabetes, hati, penuaan dini.

Dengan rutin mengkomsumsi rumput dan juga memakai produk yang mengandung rumput laut dipercaya kulit akan terhindar dari masalah kulit dan juga resiko alergi yang sering terjadi pada kulit.

Manfaat Rumput laut untuk wajah

Pemakaian lumpur laut ‘dalam bentuk masker’ secara teratur bisa membuat kulit halus dan bercahaya. Kulit pun akan terlihat segar dan berseri , selain itu kulit akan terlihat awet muda dan terhindar dari masalah jerawat. Selain menjadikannya masker kita pun dapat menggunakan rumput laut sebagai scrub, pengguanan srub rumput laut dipercaya dapat mengangkat sel-sel kulit mati, dan melawan infeksi tanpa menyebabkan iritasi pada kulit. Sehingga kulit akan terlihat lebih kencang dan lebih kenyal.

Tidak hanya itu rumput laut yang berwarna coklat juga dipercaya dapat mengatasi jerawat yang terjadi pada kulit wajah,  rumput laut coklat mempunyai efek anti-inflamasi (anti radang) untuk membantu mengurangi pembengkakan jerawat.

Kini rumput laut sudah banyak dipergunakan dalam campuran kosmetik dipasaran sehingga anda tidak perlu bingung lagi jika tidak dapat  mengkomsumsi rumput laut secara rutn, karena jika perawatan kulit menggunakan produk yang mengandung rumput laut dilakukan secara rutin maka akan mendapatkan hasil yang lebih baik lagi. Semoga bermanfaat.