Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kecantikan

Buah mengkudu memang memiliki penampilan yang tidak menarik selain itu rasanya yang pahit membuat orang enggan untuk menggunakan buah yang satu ini, Namun ternyata buah yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan seperti untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengandung Damnachanthal yang mempunyai fungisi sebagai zat antikanker. Selain mempunyai sifat anti bakteri juga ternyata mengkudu mempunyai sumber vitamin C yaitu asam askorbat.

Manfaat Mengkudu untuk kecantikan

Manfaat Mengkudu untuk kecantikan
Image Credit: Noni fruit by FlyingPete at www.morguefile.com/archive/display/177442

Selain bermanfaat untuk kesehatan, mengkudu juga sudah terkenal akan manfaatnya untuk kecantikan dalam hal untuk perawatan masalah kulit, seperti untuk mengatasi kulit yang kering, mengatasi dan mencegah timbulnya jerawat, serta dijadikan scrub alami untuk menghaluskan wajah. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak ulasannya berikut ini.

Mengatasi kulit kering dan bersisik dengan mengkudu

Salah satu manfaat mengkudu untuk kecantikan adalah dapat mengatasi kulit yang kering dan juga bersisik. Kulit kering atau bersisik sering diakibatkan oleh seringnya terkena matahari atau pun karena perubahan cuaca sehingga kulit kita menjadi kering. Untuk mengatasi kulit kering dan bersisik kita bisa menggunakan buah mengkudu. Simak caranya berikut ini:

  • Ambil satu atau buah mengkudu yang sudah masak dipohon
  • Bisa dipotong jadi dua atau Anda juga bisa meremasnya lalu gosokan pada area kulit Anda yang kering
  • Diamkan kira-kira 15 menit
  • Beriskan wajah menggunakan air hangat hingga bersih
  • Lakukan dengan rutin

Mengkudu Mengatasi dan Mencegah timbulnya jerawat

Selain untuk membantu mengatasi kulit yang kering ternyata mengkudu juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah timbulnya jerawat pada wajah. Caranya kita bisa menggunakan mengkudu dengan menjadikannya masker wajah, caranya pun cukup mudah dan dapat kita buat sendiri dirumah, simak berikut ini:

  • Ambil beberapa buah mengkudu
  • Lalu haluskan menggunakan blender
  • Siapkan sebuah saringan atau kain untuk menyaring memisahkan ampas dan airnya, lalu pisahkan air perasan mengkudu pada sebuah wadah
  • Ambil sebuah lap/kain lembut kecil (bisa kain kasa atau sapu tangan halus), lalu celupkan pada air perasan tadi
  • Kemudian tutuplah wajah menggunakan lap/kain tadi, diamkan kirakira 15-20 menit, lalu bilas sampai bersih

Selain cara diatas, ada juga yang langsung mengoleskan jus mengkudu tersebut pada wajah tanpa menyaringnya terlebih dahulu, kemudian didiamkan 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat sampai bersih. Dua-duanya sama manfaatnya cuman caranya saja yang sedikit berbeda.

Nah kalau tadi yang kita gunakan adalah buah mengkudunya, sekarang ada cara lain lagi untuk mengatasi jerawat yang sayang untuk dilewatkan, yaitu menggunakan daun mengkudu, simak caranya berikut ini:

  • Ambil beberapa helai daun mengkudu yang masih segar
  • Kemudian hangatkan diatas api lilin hingga terasa cukup hangat, jangan sampai gosong ya
  • lalu tempelkan pada bagian wajah yang berjerawat hingga dingin
  • Lakukan beberapa kali, dan lakukan secara rutin, maka mudah-mudahan jerawat akan cepat hilang

Haluskan kulit dengan Scrub Mengkudu

Mengkudu juga dipercaya dapat menghaluskan kulit, caranya dengan memblender buah mengkudu namun jangan sampai terlalu lembut atau hancur agar bisa kita jadikan scrub, setelah itu oleskan pada tubuh atau wajah dan gosok secara perlahan hingga merata, diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih, maka kulit akan terasa halus.

Demikian ulasan singkat namun bermanfaat tentang manfaat dan khasiat mengkudu untuk kecantikan. Kami akan mengulas mengkudu kembali jika nanti kami mendapatkan manfaat mengkudu yang lain, namun tentunya dalam artikel selanjutnya dan yang pasti yang masih berkaitan dengan masalah kecantikan. Semoga bermanfaat.