Manfaat Bengkoang Untuk Kecantikan Wajah

MANFAAT BENGKOANG UNTUK KECANTIKAN WAJAH YANG ALAMI

Manfaat Bengkoang untuk kecantikan wajah memang sudah bukan isapan jempol belaka. Lihat saja banyak sekali produk kecantikan wajah yang menggunakan bengkoang  sebagai bahan utamanya.

Siapa sih yang tidak ingin mempunyai kulit wajah dan badan yang putih berseri? Mempunyai kulit putih berseri adalah dambaan setiap wanita Indonesia pada umumnya. Punya kulit wajah yang putih tentunya akan meningkatkan rasa kepercayaan diri para wanita, misalnya dalam hal berpakaian, apapun pakaiannya jika yang memakainya memiliki kulit bersih pastinya akan terlihat cocok.

Lalu untuk mendapatkan kecantikan wajah seperti itu bagaimana caranya? nah saat ini mungkin kebanyakan para kaum hawa akan malas apabila menggunakan cara alami yang cukup merepotkan, soalnya sudah banyak lotion ataupun bedak pemutih yang banyak beredar yang memang sudah menggunakan bengkoang sebagai bahan utamanya.

Bengkoang ini sangat baik bagi kulit karena mengandung banyak kandungan bermanfaat seperti pachyrhizon, rotenon, vitamin B1 dan C, inulin, kalsium, serta antioksidan. Beberapa zat yang terkadnung didalamnya ada yang mampu membantu memutihkan dan mampu mencerahkan kulit wajah. Khasiatnya sudah terbukti secara turun-temurun, dan tentunya sangat mudah bagi kita untuk mendapatkannya.

Berikut beberapa tips untuk merawat kulit wajah Anda dengan bengkuang:

Bengkuang Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah

Untuk menghilangkan flek hitam serta membersihkan, dan mencerahkan wajah, kita bisa memanfaatkan bengkoang dengan membuatnya sebagai masker. Untuk membuat masker bengkoang  ikuti tahap-tahapan berikut:

  1. Ambil bengkoang yang masih segar secukupnya lalu parut
  2. Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan ai hangat
  3. Hasil parutan usapkan di wajah
  4. Tunggu 15 – 30 menit hingga agak kering
  5. Cuci sampai bersih wajah dengan air hangat, lalu bilas kembali dengan air dingin
  6. Keringkan menggunakan handuk bersih sampai benar-benar kering
  7. Lakukan secara rutin, minimal 2 kali seminggu atau sesuai keperluan

Biasanya efek dari menggunakan sari bengkoang ini akan memberikan kesejukan di wajah. Namun begitu bersikap waspada masih perlu untuk dilakukan kalau-kalau kulit anda ternyata sensitif. Sebaiknya oleskanlah sedikit dahulu ke kulit wajah anda dan diamkan semalaman, lihat reaksinya, apabila tidak mengakibatkan reaksi kulit akibat kulit yang sensitif maka Anda dengan tenang bisa menggunakannya. Namun apabila terjadi sesuatu pada kulit anda sebaiknya jangan diteruskan.

Bedak Dingin Bengkoang Untuk Mendinginkan,Membuat Rileks, sekaligus Memutihkan wajah

Bedak dingin bengkoang bermanfaat untuk mendinginkan, membuat rileks, sekaligus salah satu cara memutihkan wajah alami yang cukup populer dikalangan masyarakat. Pembuatannya cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja karena bahan dan juga alat memang mudah untuk didapat.

Cara atau tips memutihkan wajah dengan bengkuang bisa anda simak dibawah ini :

  1. Cari kira-kira 2 buah bengkoang yang masih segar kemudian dicuci  bersih dan diparut
  2. Karena yang akan kita ambil adalah sari pati dari endapan air perasan bengkoangnya maka untuk lebih melembutkannya maka parutan bengkoang kita blender
  3. Setelah bengkuang di blender halus, lalu tambahkan sedikit air dan diperas, air perasan ini kemudian didiamkan kurang lebih 4 sampai 5 jam sampai pati dari bengkoang mengendap seluruhnya
  4. Pati hasil dari endapan air bengkoang inilah yang akan dijadikan bedak dingin, oleskan pada wajah yang terlebih dahulu sudah dicuci bersih
  5. Diamkan kira – kira 15 sampai 30 menit hingga mengering, lalu bilas dengan air hangat.
Selain cara diatas ada juga yang menambahkannya dengan tepung beras dan juga dengan teknik pengeringan supaya lebih awet dan bisa digunakan untuk waktu yang lebih lama. Untuk langkahnya simak penjelasannya berikut ini:
  1. Siapkan terlebih dahulu kira-kira 100gr tepung beras
  2. Pati / sari bengkoang yang berupa endapan berwarna putih dari endapan air perasan bengkoang kita campur dengan tepung beras tadi sampai rata
  3. Setelah dicampur maka kita bisa membentuknya menjadi bulatan sebesar kelereng, lalu dipipihkan dan dijemur dibawah terik matahari (inilah teknik pengawetannya)
  4. Setelah kering kita bisa menyimpannya untuk kemudian hari
  5. Untuk menggunakannya, kita bisa melunakannya menggunakan air putih atau lebih baik lagi jika menggunakan air bunga mawar
  6. Oleskan pada wajah seperti yang sudah dijelaskan diatas
Catatan : Apabila setelah penggunaan masker kulit Anda terasa gatal maka tips ringan ini mungkin akan sangat berguna untuk Anda, berikut langkahnya :
  • Oleskan madu asli kewajah Anda (tipis saja), kemudian diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air hangat.
  • Bisa juga dengan membasuh dengan air es, kemudian tepuk-tepuk lembut wajah anda sampai terasa segar
Bengkoang memiliki efek pendingin karena umbi ini memiliki kadar air yang cukup tinggi yakni 86-90%. Umbi ini sangat bagus bagi penderita diabetes karena rasa manis yang ditimbulkan tidak bisa dicerna oleh tubuh manusia. Hal ini karena rasa manis berasal dari oligosakarida yang disebut inulin.

INFO TAMBAHAN: Harap diperhatikan ! Meskipun umbinya bisa kita makan namun ada bagian pada tumbuhan bengkoang yang lain yang sangat beracun karena memiliki sifat Rotenon. Zat Rotenon dari bengkoang, terutama dari biji bengkuang ini sering dimanfaatkan untuk pembunuh serangga (pestisida) alami, membunuh tikus atau menangkap ikan dengan cara meracuninya.


Bagikan juga Informasi beguna ini untuk teman, kerabat, dan saudara anda

Comments are closed.