Manfaat Apel

Pada postingan sebelumnya mungkin sudah dijelaskan manfaat apel dan juga khasiatnya untuk perawatan kulit, namun mungkin belum dijelaskan secara detail tentang manfaat lain dari buah apel, kandungannya, serta jenis-jenis dari buah Apel. Berikut ini Perawatan-kulit.com akan menjelaskan lebih detail lagi tentang  buah apel ini supaya para pembaca juga mendapatkan info lebih dari sekedar info yang dia cari.

Khasiat dan Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

Berdasarkan penelitian, buah apel memang sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin dan zat-zat penting terkandung dalam buah apel sangat banyak sekali, berikut rinciannya :

Kandungan Gizi Buah Apel

Nilai Gizi
Energi 58.0 kal
Protein 0.30 g
Lemak 0.40 g
Karbohidrat 14.90 g
Kalsium 6.00 mg
Fosfor 10.00 mg
Serat 0.07 g
Besi 1.30 mg
Vitamin A 24 RE
Vitamin B1 0.04 mg
Vitamin B2 0.03 mg
Vitamin C 5.00 mg
Niacin 0.10 mg

Selain zat zat yang disebutkan diatas, ternyata apel juga banyak mengandung zat lain yang tak kalah bermanfaatnya untuk tubuh, seperti zat Fitokimia, kandungan serat, tanin, boron, flavoid, asam D-glucaric, quercetin dan asam tartar.

Fitokimia adalah zat antioksiden yang terdapat dalam buah apel yang mampu melawan radikal bebas yang berasal dari udara ataupun lingkungan. Intinya zat ini akan menekan jumlah kolesterol jahat yang konon dapat menyumbat pembuluh darah.

Buah apel juga banyak mengandung serat yang dapat mengikat lemak dan kolesterol jahat yang kemudian dibuang keluar tubuh, serta serat ini juga bisa membuat lapar datang lebih lambat. Bagi Anda yang sedang melakukan program diet maka apel mungkin bisa dijadikan makanan tambahan pilihan.

Zat tanin yang terdapat pada buah apel ternyata dapat membersihkan dan menyegarkan mulut, serta dapat mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi pada mulut.

Zat boron yang terdapat buah apel ternyata juga sangat bermanfaat untuk manusia. Menurut penelitian boron memiliki efek biokimia tertentu bagi darah dalam hubungannya dengan metabolisme energi dan mineral. Secara spesifik, boron diduga memiliki peran yang penting bagi pemanfaatan energi dan perkembangan serta pemeliharaan tulang. Selain itu zat boron juga dapat mempertahankan estrogen dalam tubuh wanita.

Zat plavoid pada buah apel dipercaya dapat mencegah atau mengurangi reksiko kanker pada tubuh. Asam D-glucaric pada buah apel berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, quercetin adalah zat yang mampu meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh sehingga badan kita jauh lebih kuat dan sehat, serta yang terakhir adalah zat Asam Tartar yang bagus untuk saluran pencernaan karena dapat membunuh bakteri-bakteri jahat yang terdapat pada saluran pencernaan kita.

Selain beberapa manfaat dari buah apel yang telah disebutkan diatas, berikut ini khasiat dan manfaat lain yang bisa didapat dari mengkonsumsi buah apel:

  • Menjaga kesehatan saluran pernapasan dan paru-paru
  • Mencegah penyakit jantung
  • Sebagai pengontrol dan menurunkan kadar kolesterol tubuh
  • Dapat menurunkan berat badan
  • Mencegah menopouse pada wanita
  • Menjaga daya tahan tubuh
  • Menjaga kesehatan gigi
  • Mencegah batu empedu

Ternyata manfaat buah apel lebih banyak dari yang diperkirakan. Untuk Anda yang sedang diet maka mengkonsumsi buah apel adalah hal yang mesti dicoba. Semoga info tentang manfaat buah apel ini bermanfaat untuk Anda semua.

Comments are closed.