Manfaat Air Beras Untuk Kulit Wajah

Air beras ( air cucian beras ) memang sejak jaman dulu kala dipercaya mampu mempercantik wajah dan sering dijadikan bahan untuk merawat kulit para wanita zaman dulu, karena air beras dapat melembabkan, menghaluskan kulit, serta memberi vitamin yang sangat baik untuk kulit.

Manfaat Air Beras Untuk Kulit Wajah

Manfaat Air Beras Untuk Kulit Wajah
Image credit : The rice by Poohsayhi at www.sxc.hu/photo/1205135

Selain memanfaatkan air dari cucian beras , ternyata sari pati beras yang berada di air cucian beras yang diendapkan dapat juga di manfaatkan untuk dijadikan masker, fungsinya yaitu untuk memutihkan dan menghaluskan kulit wajah tanpa efek samping karena murni dari bahan alami. Berdasarkan jenis, ciri dan manfaatnya beras ini dapat dibagi menjadi tiga :

  1. Beras Putih: Biasanya berwarna putih agak transparan, Beras jenis ini hampir terdapat disemua pasar-pasar beras. Paling cocok untuk kulit normal cenderung berminyak.
  2. Beras Merah: Bentuknya berwarna merah keunguan, biasanya cocok dan sesuai untuk kulit normal cenderung kering.
  3. Beras Hitam: Berwarna ungu pekat mendekati hitam, jenis yang sangat langka. Keharumannya terasa lebih pekat dibandingkan dengan jenis beras lainnya, dan pas digunakan untuk segala jenis kulit.

Air Beras Untuk Kecantikan Wajah

Wanita Jepang terkenal dengan kehalusan kulit wajahnya yang halus dan putih bersih, karena mereka sudah lama memanfaatkan air beras untuk mencuci muka wajahnya, bahkan ada sebagian orang yang memanfaatkan air beras untuk dijadikan air mandi, karena sifat dari air beras yang bisa membuat kulit wajah menjadi bersih dan cerah. Manfaat masker beras untuk wajah adalah untuk menjaga kulit supaya tetap kencang dan muka tidak berjerawat.

Manfaat Air Beras Untuk tubuh misalnya, dapat digunakan untuk lulur, sebagai contoh lulur Jawa yang memiliki campuran bubuk beras dan rempah herbal. Zat oryzanol mampu memperbarui perkembangan pembentukan pigmen melanin dan efektif menangkal sinar ultraviolet.

Cara mencuci wajah menggunakan air beras untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah

Berikut ini adalah langkah-langkah menghilangkan bekas jerawat diwajah menggunakan air beras, yaitu:

  • Bersihkanlah dulu muka menggunakan air hangat, tujuannya adalah supaya pori-pori terbuka
  • Kemudian cuci beras yang akan kita masak
  • Air cucian beras tersebut taruh diwadah
  • Lalu bilas muka anda dengan air beras tersebut
  • Tunggu beberapa menit hingga air beras menjadi kering dan semua nutrisi terserap oleh kulit
  • Setelah selesai bilaslah wajah menggunakan air bersih
  • Lakukan secara rutin, maka wajah kita akan terbebas dari luka bekas jerawat dan wajah tampak lebih putih dan bersih

NOTE: Namun anda juga bisa memanfaatkan sari pati beras dengan cara mengendapkan air cucian beras dan menjadikannya sebagai masker wajah, ini berfungsi untuk memutihkan wajah kita secara alami dan membuat wajah kita akan lembut.

Semoga tips ringan ini bermanfaat untuk Anda, dapatkan tips-tips seputar perawatan kulit dan wajah lainnya hanya di perawatan-kulit.com, semoga bermanfaat.

Comments are closed.