Kulit Buah Mangga Untuk Mengatasi Jerawat

Buah mangga merupakan salah satu buah yang paling digemari oleh setiap orang, selain mempunyai rasa yang manis dan segar, buah mangga kaya akan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Biasanya orang hanya mengkomsumsi buah mangga hanya daging buahnya saja dan membuang kulitnya, tapi ternyata kulit buah mangga pun mempunyai manfaat yang sangat bagus untuk kulit.

Kulit buah mangga penghilang jerawat

Kulit buah mangga penghilang jerawat
Image credit: Mango skin By Arinarin at www.sxc.hu/photo/12216

Kulit mangga ternyata mempunyai banyak kandungan yang sangat baik untuk kulit, sepertiĀ  kandungan AHA atau Alpha Hydroxl Acids yang berfungsi untuk pengelupasan dan peremajaan kulit, Vitamin A sebagai sumber dari antioksidan, beta karoten yang berfungsi untuk mengatasi jerawat dan mencegah timbulnya jerawat.

Selain untuk mencegah timbulnya jerawat ternyata kulit buah mangga juga dapat membuka pori-pori yang tersumbat, dengan membersihkan pori-pori yang tersumbat maka akan mencegah terjadinya jerawat. Selain itu kulit buah mangga juga menghasilkan protein kolagen yang dapat membantu memperlambat proses penuaan dini pada kulit.

Cara yang paling sederhana dalam mengatasi jerawat adalah dengan cara mengoleskan kulit mangga atau diamkan menempel di wajah anda kurang lebih sepuluh menit untuk membersihkan kotoran dan sel kulit mati pada wajah anda terangkat.

Cara mengatasi Jerawat menggunakan kulit mangga

Berikut ini adalah langkah-langkah cara menggunakannya

  • Pertama-tama kupas buah mangga mentah yang sudah dicuci bersih dan ambil kulitnya.
  • Kulit mangga kemudian direbus menggunakan airĀ  sebanyak 2-3 cangkir.
  • Tambahkan 1 sendok perasan air jeruk nipis.
  • Setelah air rebusan menjadi dingin anda bisa mengoleskan air rebuasan kulit mangga tersebut pada wajah anda secara merata.
  • Diamkan selama 20 menit, lalu bilas menggunakan air.
  • Lakukanlah perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal sehingga kulit wajah anda terhindar dari jerawat.

Dengan mengonsumsi mangga secara teratur bisa membuat kulit kalian lebih cerah dan bersinar. Selain baik untuk kesehatan mangga juga menjaga kecantikan kulit anda secara alami.