Info Tentang Jenis Perawatan Rambut Rontok Untuk Anda

Perawatan rambut rontok untuk masalah rambut rontok atau penipisan rambut adalah masalah umum bagi banyak orang dewasa di seluruh dunia. Ada banyak alasan untuk rambut rontok, masing-masing berbeda dari satu individu dengan individu lainnya. Cukup banyak faktor yang bisa menyebabkan kenapa rambut bisa rontok, termasuk didalamnya adalah karena faktor keturunan, pola makan yang buruk, stress dan mungkin saja karena komplikasi medis. Meski begitu, saat ini rambut rontok bukanlah masalah yang permanen, karena dapat diobati secara efektif dengan metode perawatan rambut rontok yang bisa dengan mudah kita dapatkan diproduk perawatan rambut rontok, atau di salon-salon perawatan rambut rontok yang bisa dengan mudah kita temui sekarang.

Jenis Perawatan Rambut Rontok

Jenis perawatan untuk rambut rontok
Image credit: Bald by Welshsk, at commons.wikimedia.org/wiki/File:Alopecia.jpg

Cara terbaik untuk membayangkan bagaimana rambut kita tumbuh adalah dengan membayangkan rambut kita adalah sebuah “taman.” Lalu kita bayangkan bagaimana rumput tersebut tumbuh subur diatas taman dari apa yang terjadi didalam tanah. Atau, kita bayangkan juga kenapa rumput tersebut kering, mati dan rontok, lalu kemudian mudah tercabut begitu saja. Lalu kita sadar bahwa taman tersebut tidak kita urus, tidak kita siram, tidak kita kasih pupuk, sehingga pada akhirnya rudak dan mati. Begitu pulalah dengan apa yang akan terjadi dengan rambut kita jika kita tidak merawatnya dengan baik, rusak, kering, mudah patah dan akhirnya rontok.

Berikut ini ada beberapa jenis perawatan untuk rambut rontok yang cukup populer dibeberapa negara, yang mungkin anda sudah tahu dan mencobanya, bagi yang belum tahu dan belum pernah juga mencobanya maka semoga bisa menjadi tambahan referensi untuk Anda.

Follicle follicular transfer / Transplantasi folikel / Cangkok folikel / Cangkok rambut

Salah satu bentuk yang paling populer dan terkenal dari perawatan rambut rontok adalah prosedur pembedahan yang dikenal sebagai ‘Pengalihan folikel folikular atau sering disebut juga cangkok folikel atau cangkok rambut’. Operasi ini melibatkan transplantasi rambut yang tumbuh dari berbagai daerah di kepala seseorang ke daerah kepala pasien yang botak. Ini adalah proses yang rumit dan membutuhkan dokter spesialis /ahli yang  berpengalaman untuk dapat melakukannya dengan baik.

Transfer folikel folikular dilakukan dalam 2 tahap. Tahap pertama adalah tahap ekstraksi, tahap kedua adalah fase implantasi. Jika transfer berhasil rambut akan berakar dan tumbuh dalam waktu 3 sampai 5 bulan setelah operasi. Perawatan ini dianjurkan untuk individu yang menderita kerontokan rambut yang parah.

Baca selengkapnya: Mengatasi kebotakan Dengan Follicular Transfer / Cangkok rambut

Perawatan rambut Rontok Dengan Metoda Akupuntur

Akupunktur akan menstimulasi titik-titik energi dalam tubuh yang dipercaya berhubungan dengan kebotakan. Sebuah ahli akupunktur akan sering menggabungkan pengobatan utama “Akupuntur” dengan obat herbal untuk mengembalikan rambut hilang dan mencegah kehilangan dimasa depan.

Baca selengkapnya: Cara mengatasi rambut rontok dengan akupuntur rambut

Perawatan Rambut Rontok Dengan Konsultasi Dengan Ahli Gizi

Gizi buruk merupakan faktor utama dalam banyak kasus rambut rontok. Di Amerika sana, banyak warga Amerika yang mengalami kerontokan rambut karena diakibatkan diet yang mereka jalani ternyata tidak memiliki jumlah yang cukup dari suplemen (seperti vitamin B dan asam lemak esensial), yang diperlukan untuk menjaga kesehatan rambut. Mengatur pola makan yang tidak tepat dapat mencegah masalah di masa depan dan meningkatkan kualitas keseluruhan rambut. Jadi dengan berkonsultasi dengan ahli gizi Anda bisa tahu apakah kerontokan rambut Anda disebabkan karena keurangan gizi tertentu atau tidak.

Perawatan Rambut Rontok Dengan Homeopathy Treatment

Perawatan rambut rontok dengan Tratment Homeopati adalah bentuk obat yang terutama bertujuan untuk memicu proses penyembuhan dalam tubuh seseorang.

Tratment Homeopati menyarankan beberapa obat-obatan untuk mengobati rambut rontok seperti mengkonsumsi asam lemak omega-3, karena Salah satu penyebab utama rambut rontok adalah peradangan, yaitu kejadian umum ketika tubuh Anda tidak mendapatkan cukup nutrisi atau ditekankan dari kondisi yang mendasarinya. Asam lemak Omega-3 membantu mengurangi peradangan dan dapat membantu penurunan jumlah rambut yang rontok serta berpotensi membantu rambut Anda tumbuh kembali.

Dan obat lainnya yang dianjurkan seperti mengkonsumsi suplemen zat besi, biotin suplemen dan masih banyak lainnya. Lebih lengkapnya mengenai perawatan rambut rontok dengan Homepathy Treatment nanti akan kita bahas pada artikel tersendiri.

Pergi Ke Dokter Kulit / Dermatologists

Dermatologi adalah mengobati kerontokan rambut terkait dengan infeksi kulit kepala (seperti kurap) atau kondisi autoimun (seperti alopecia). Suntikan kortison, obat oral atau terapi cahaya dapat diguanakan untuk membantu menghasilkan merangsang pertumbuhan kembali rambut dengan cepat. Jadi disini pasien yang merasa rambutnya rontok karena masalah dengan kulit kepalannya maka dianjurkan datang ke dokter kulit guna mengetahui seberapa parah dan pengobatan yang tepat untuk Anda.

Nah setelah membaca beberapa jenis pengobatan untuk rambut rontok diharapkan Anda dapat mengetahui pengobatan yang cocok untuk masalah kerontokan rambut Anda. Semoga bermanfaat.