Cara Menghilangkan Ketombe

Ketombe : Tips Cara Mengatasi dan Menghilangkan Ketombe

Artikel singkat mengenai apa itu ketombe, penyebab ketombe, dan cara menghilangkan ketombe berikut ini semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Pernahkah mendengar istilah bahwa rambut adalah mahkotanya wanita. Hal tersebut memang benarlah adanya, karena rambut yang indah dan panjang adalah dambaan setiap wanita meskipun sekarang banyak juga model rambut pendek yang sedang trend. Rambut terletak diatas kepala seperti mahkota, sehingga menjadikannya terlihat indah dan sehat adalah sebuah keharusan. Namun intinya adalah memiliki rambut yang sehat dan kuat merupakan idaman para kaum hawa.

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi maka metoda perawatan rambut pun semakin beragam, mulai dari yang murah hingga yang mahal, mulai dari shampo, creambath, hingga pemberian ginsengpun sekarang bisa saja dilakukan guna mendapatkan rambut yang hitam, indah dan juga kuat. Namun disamping itu, kemajuan teknologi juga bisa berakibat buruk pada kondisi rambut karena perlakuan yang berlebihan, seperti terlalu sering dicatok, terlalu sering berganti-ganti warna rambut, sehingga mengakibatkan rambut menjadi kering, bercabang, berketombe, bahkan rontok.

Pada artikel kali ini, kami khusus hanya membahas satu masalah rambut yaitu ” Ketombe “, untuk masalah rambut yang lain akan dibahas dalam artikel lainnya. Beberapa pertanyaan yang sering muncul berkenaan masalah ketombe adalah sebagai berikut :

  1. Apa itu Ketombe ?
  2. Penyebab Ketombe itu muncul
  3. Cara Menghilangkan Ketombe atau Cara mengatasi Ketombe

1. Apa itu Ketombe ?

Ketombe adalah pengelupasan kulit kepala yang berlebihan tanpa adanya peradangan, dan tampak seperti sisik-sisik putih kecil yang banyak menempel dirambut bahkan jatuh dan menempel dibaju, biasanya ketombe disertai rasa gatal dan juga rambut rontok.

Ketombe bukanlah penyakit atau virus yang bisa menular, bahkan sekalipun anda menggunakan sisir bekas teman anda yang ada ketombenya, karena sebenarnya serpihan putih tersebut adalah serpihan kulit mati yang dihasilkan jamur mallassezia. Kondisi rambut berketombe bisa saja menjadi lebih parah karena tumbuhnya mikro organisme yang bernama pityrosporum ovale, sebenarnya mikroorganisme ini adalah flora yang biasa tumbuh dirambut, namun karena kadar minyak yang tinggi, kelembapan, suhu serta kondisi imunitas tubuh yang kurang fit maka mikroorganisme ini bisa tumbuh.

2. Penyebab Ketombe muncul

Wajah cantik, penampilan OK, tapi rambutnya berketombe, tetap saja membuat malu dan mengurangi rasa percaya diri seseorang. Ketombe biasanya dialami oleh orang-orang yang berdomisili didaerah yang beriklim tropis, suhu tinggi dan juga lembap. Orang-orang yang mempunyai kulit berminyak biasanya yang paling sering mengalami masalah ketombe ini pada kulit kepala mereka.

Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab ketombe itu muncul di kepala, berikut diantaranya :

  • Kulit yang berminyak
  • Makanan yang berlemak tinggi
  • Suhu dan juga cuaca
  • Kondisi Stress
  • Keturunan
  • Kulit kepala yang kurang bersih
  • Jamur mallassezia & Mikroorganisme Pityrosporum ovale

3. Cara Menghilangkan Ketombe atau Cara mengatasi Ketombe

Untuk Anda yang sedang mencari info cara menghilangkan ketombe maka info ini akan sangat berguna untuk Anda. Saat ini banyak sekali shampo antiketombe yang memang dikhususkan untuk mengatasi masalah ketombe, namun sebenarnya belum ada penelitian ilmiah yang dapat menemukan cara mengatasi ketombe secara tuntas. Obat-obatan yang ada (dalam hal ini shampo antiketombe) sebenarnya hanya berfungsi untuk :

  • Menurunkan kadar minyak dipermukaan kulit, yang mana kulit berminyak merupakan salah satu penyebab utama timbulnya ketombe
  • Menurunkan populasi jamur mallassezia yang merupakan penyebab ketombe
  • Membantu mengurangi rasa gatal pada kulit kepala serta mengurangi kerontokan rambut.

Namun demikian, kita bisa melakukan beberapa hal yang dapat dilakukan guna mendapatkan perawatan terbaik untuk masalah ketombe yang kita alami, berikut tips dan langkah terbaik cara menghilangkan ketombe yang bisa bisa dilakukan :

  1. Pertama yang dapat dilakukan adalah kenali penyebab ketombe pada rambut Anda, apakah Anda sedang stress, penggunaan produk rambut yang kurang cocok, minum alkohol, kopi, ataupun rokok, jika benar maka melakukan pola hidup yang lebih sehat adalah cara yang bijak yang bisa Anda lakukan sebagai langkah awal.
  2. Menggunakan shampo yang banyak dijual dipasar merupakan langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan, hanya saja yang perlu Anda perhatikan adalah untuk selalu melihat produk shampo yang Anda beli. Pilihlah yang sesuai dengan jenis kondisi rambut dan masalah ketombe yang Anda alami.
  3. Shampo yang mengandung asam salisilat dan sulfur dapat membantu mengontrol serpih dan gatal.
  4. Jika ketombe Anda terlalu berat dan parah maka keramaslah menggunakan shampo yang mengandung selenium, formula smart zinc pyrithione (Smart ZPT), atau asam salisilat, karena memang cukup terbukti mampu menghilangkan efek samping ketombe yang tampak seperti kulit kepala yang kering, gatal, dan tentunya serpihan ketombe sampai 99%.
  5. Jika penggunaan shampo tadi masih juga belum berhasil, atau malah terjadi iritasi seperti kulit kemerahan maka dianjurkan untuk pergi kedokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik.

Selain cara diatas, ternyata ada juga cara-cara natural menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi masalah ketombe. Cara menghilangkan ketombe ini memang cara tradisional yang sudah digunakan sejak lama, konon efeknya sangat bagus untuk mengatasi ketombe, dan tentunya jauh lebih aman karena bebas dari bahan-bahan kimia.

Berikut tips alami cara menghilangkan ketombe yang bisa Anda coba :

1. Cara menghilangkan ketombe menggunakan jeruk nipis

Cara ini cukup mudah, baik pembuatannya, penggunaanya, serta bahan yang digunakan. Jeruk nipis bisa kita dapatkan dengan mudah, dipasar, disuper market, bahkan dipenjual sayur langganan Anda. Ikuti langkah nya berikut ini.

1. Ambil 1 atau 2 buah jeruk nipis, lalu kita belah

2. Gosokan jeruk nipis tersebut pada kulit kepala sampai rata, lakukan sambil dipijat ringan. Jangan pernah menggaruk kepala Anda meskipun terasa gatal, karena hal itu hanya akan membuat kulit kepala Anda terluka dan akan terasa pedih. Diamkan selama kurang lebih 25 – 30 menit.

3. Setelah didiamkan, cuci rambut sampai bersih.

4. Untuk hasil terbaik lakukan 1 minggu sekali atau sesuai kebutuhan.

NOTE : Sebaiknya sebelum melakukannya secara keseluruhan, ada baiknya Anda melakukan dahulu uji alergi. Jadi sehari sebelum mencoba lakukan dahulu penggosokan jeruk nipis ini pada sebagian kecil kulit kepala Anda, diamkan semalaman dan lihat reaksinya terhadap kulit kepala Anda. Apakah ada reaksi negatif yang terjadi seperti rasa panas atau memerah yang sangat atau hal lainnya yang diluar kewajaran, jika terjadi sebaiknya Anda urungkan melakukan proses pengobatan ini.

2. Cara menghilangkan ketombe dengan daun pandan

Ternyata daun pandan bisa juga digunakan untuk menghitamkan, mengatasi rambut rontok dan menghilangkan ketombe di kepala. Berikut caranya :

1. Siapkan 6 – 7 lembar daun pandan dan urang lebih 100 ml air

2. Bersihkan, lalu tumbuk daun pandan sampai halus

3. Tambahkan air sambil diaduk sampai rata, lalu saring

4. Air perasan tadi oleskan pada kulit kepala sampai rata, lakukan sambil dipijat lembut.

5. Diamkan kurang lebih 25-30 menit, lalu bilas sampai bersih

6. Lakukan minimal 1 kali seminggu untuk hasil yang terbaik

Semoga artikel singkat mengenai apa itu ketombe, penyebab ketombe, dan cara menghilangkan ketombe ini bisa bermanfaat untuk Anda semua. Rawatlah rambut Anda sebaik mungkin, niscaya rambut yang indah dan sehat akan memberikan sesuatu yang lebih untuk penampilan Anda.

Comments are closed.