Cara Memakai Cream Pagi dan Malam Untuk Wajah

Untuk mendapatkan kulit yang terlihat muda, cerah dan juga halus para wanita bisanya rajin melakukan perawatan kulut salah satunya adalah menggunakan cream pagi dan juga cream malam. Kini banyak bermunculan di pasaran perawatan wajah menggunakan cream pagi dan cream malam yang dapat membuat kulit wajah terlihat putih, melembabkan dan bercahaya.

Tips cara memakai cream pagi dan siang yang benar

Tips cara memakai cream pagi dan siang yang benar
Image credit: Cream by Rondelious at www.sxc.hu/photo/536828

Biasanya setelah menggunakan cream kita pun bisa menambahkan penggunaan moisturizer pada kulit wajah kita ini berfungsi sebagai pelembab untuk anda yang memiliki kulit wajah yang kering, namun penggunaan moisturizer bisa dilakukan atau pun tidak dilakukan setelah menggunakan cream pagi dan cream malam.

Namun bagi anda yang memiliki kulit kering pemakaian moisturizer justru sangat bagus untuk melembabkan kulit, sedangkan untuk anda yang mempunyai kulit wajah yang berminyak sebaiknya sebaiknya tidak memakai moisturizer lagi karena biasanya cream pagi sudah mengandung moisturizer, penggunaan moisturizer pada kulit wajah yang berminyak justru akan menyebabkan terjadinya penumpukan minyak yang berlebih di wajah yang akhirnya menimbulkan jerawat pada wajah.

Perbedaan dan Manfaat Cream Pagi dan Cream Malam

Perlu kita ketahui, jangan pernah berpikir kalau cream pagi atau cream malam itu sama. Keduanya mempunyai kandungan dan juga manfaat yang berbeda, sehingga penggunaan yang salah atau sembarangan tentu tidak akan memberikan manfaat yang terbaik untuk kulit Anda.

Berikut ini akan dijelaskan perbedaan dan manfaat dari cream pagi dan cream siang secara garis besarnya saja, dan ini penting sebelum kita berlanjut ke topik cara penggunaan cream pagi dan siang tersebut secara benar.

Kandungan dan manfaat Cream pagi

Terkadang orang ada yang menyebutnya sebagai cream siang, karena cream ini biasanya mengandung bahan untuk melindungi kulit kita dari bahaya sinar UV yang merusak, polusi, serta tekanan lingkungan. Biasanya Cream pagi atau siang memang dan difokuskan pada perlindungan dan dukungan supaya kulit lebih tahan terhadap faktor-faktor yang dapat merusak dan memperburuk kondisi kulit.

Cream pagi atau siang kebanyakan mengandung SPF untuk mencegah kulit terbakar dan photoaging, mengandung antioksidan untuk melawan radikal bebas, pelembab untuk supaya kulit tetap lembab, anti penuaan, dan bahan-bahan seperti kafein untuk membuat kulit terlihat lebih segar dan kencang. Cream pagi atau siang biasanya dibuat supaya dapat digunakan di bawah kosmetik, formulanya biasanya mudah diserap dengan cepat oleh kulit sehingga pori-pori bisa kembali bernapas. Selain itu bahannya biasanya bebas minyak sehingga foundation dan makeup yang dipakai diatasnya bisa menempel mulus sempurna.

Kandungan dan Manfaat Cream Malam

Secara fisik mungkin yang membedakan Cream pagi dan Malam adalah karakter creamnya, yang mana kalau Cream pagi atau siang itu lebih ringan dan terasa tipis saat dioleskan, mudah dan cepat diserap. Sedangkan Cream malam itu terasa lebih tebal, terkadang dirancang memang supaya berkarakter lebih lambat untuk diserap oleh kulit, mungkin alasannya supaya semua manfaat dari cream malam tersebut bisa lebih diserap dengan sempurna oleh kulit.

Seperti pada halnya semua organ tubuh yang ber’istirahat dimalam hari, kulit juga melakukan hal yang sama. Maka disinilah sesungguhnya manfaat dan tujuan Cream malam itu dibuat. Semua cream malam memang sebagian besar dibuat untuk memperbaiki, memulihkan, dan membantu regenerasi saat kita tidur, sehingga cream malam difokuskan pada kelembaban dan pemulihan.

Cream malam biasanya mengandung konsentrasi tertinggi pelembab dan Anti Aging atau anti-penuaan, seperti senyawa seperti retinol, asam glikolat, asam hyaluronic, asam salicyclic dan retinil asetat. Semua bahan ini mampu membantu regenerasi kulit (mengganti kulit yang rusak/tua dengan jaringan kulit baru ) sehinnga mengurangi reksiko munculnya bintik atau flek , garis halus dan juga kerutan dikulit.

Hasilnya adalah bahwa cream malam sering lebih kaya, lebih tebal, atau lebih berat dari cream siang. Meski begitu tidak yang merasa keberatan karena kebanyakan mereka menggunakan cream malam saat mereka akan pergi tidur, dan saat mereka tidur tentu mereka juga tidak akan menggunakan makeup bukan.

Tips Menggunakan Cream Pagi atau Malam Yang Benar

Berikut ini adalah beberapa cara  yang benar menggunakan cream pagi dan malam den juga moisturizer, diantaranya:

  • Hapus Makeup – Menghapus makeup sangat penting sebelum Anda menggunakan cream malam, begitu juga saat Anda hendak menggunakan cream siang untuk kedua kalinya. Gunakan pembersih yang memang sesuai dengan jenis kulit Anda, untuk kulit kering sebaiknya menghindari pembersih yang mengandung alkohol, karena alkohol dapat membuat kulit menjadi semakin kering. Setelah itu diakhiri dengan mencuci muka.
  • Cuci Muka – Sebelum menggunakan cream pagi dan cream malam serta moisturizer sebaiknya anda membersihkan wajah anda terlebih dahulu, hal ini bermanfaat untuk menghindari terjadinya penyumbatan pori-pori kulit. ¬†Manfaat lain dari cuci muka adalah mencegah terjadinya iritasi dan rasa gatal pada wajah setelah memakai make up selama seharian. Untuk penggunaan cream malam sebaiknya Anda menunggu sampai wajah Anda benar-benar kering dulu.
  • Waktu yang tepat – Sebaiknya gunakan Cream malam 30 menit sebelum Anda pergi tidur
  • Sesuai Umur – Para ahli kulit menyarankan, Jika usia Anda dua puluh, Anda bisa memilih cream yang mengandung bahan-bahan alami seperti lidah buaya, madu dan minyak esensial. Carilah krim malam dengan bahan aktif seperti kolagen, asam amino, ceramides dan retinol, kaya anti-oksidan, ketika Anda berada di usia tiga puluhan. Dan ketika Anda berada di empat puluhan Anda harus mencari dalam krim malam yang memiliki isi seperti peptida, retinol, lipid panthenol, kolagen, minyak esensial,
  • Cream lalu Moisturizer – Pemakaian moisturizer bisa dilakukan setelah Anda menggunakan cream pagi atau cream malam yang sudah dioleskan secara merata pada kulit wajah dan juga leher
  • Kandungan SPF – Pilihlah cream pagi yang mengandung tabir surya untuk melindungi kulit kita dari sengatan matahari. Untuk anda yang memiliki wajah kering sebaiknya menggunakan moisturizer sehari tiga kali dan yang mengandung sunblock SPF untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.
  • Moisturizer setelah Mandi – Pemakaian moisturizer yang tepat akan memberikan efek yang maksimal pada kulit wajah , karena moisturizer yang digunakan sehabis mandi dapat menyerap lebih baik melalui pori-pori kulit wajah.
  • Moisturizer untu Kulit Berminyak – Pilihlah moisturizer yang sesuai dengan jenis kulit anda, gunakanlah moisturizer yang mengandung bahan dasar air untuk anda yang memiliki kulit wajah yang cenderung berminyak, dan tidak dianjurkan untuk anda mengguanan moisturizer dengan bahan dasar minyak karena akan menimbulkan minyak berlebih diwajah.
  • Gunakan Jari – Gunakan moisturizer secara benar dengan menggunakan jari manis untuk mengoleskan moisturizer pada daerah kulit sensitif seperti daerah dekat mata.
  • Lakukan Pijatan lembut – Anda bisa melakukan pemijatan secara lembut saat mengoleskan moisturizer atau cream pagi atau siang, agar cream dapat terserap dengan baik kedalam kulit, namun jangan terlalu keras memijat kulit sekitar mata karena dapat menimbulkan lingkaran hitam di sekitar mata.

Semoga artikel mengenai cream pagi dan siang ini bermanfaat untuk Anda, dan mudah-mudahan manfaatnya jauh lebih besar dibandingkan tampilan sederhana dari web ini. SALAM.