Berterima kasihlah pada lebah yang membuat madu untuk Anda

Madu dibuat oleh lebah madu di salah satu fasilitas yang paling efisien di dunia, sarang lebah. 60.000 atau lebih lebah di sarang lebah dapat secara kolektif melakukan perjalanan sebanyak 55.000 mil dan mengunjungi lebih dari dua juta bunga untuk mengumpulkan cukup nektar untuk membuat hanya satu ponds madu (1 ponds = 0,45kg).

Lebah dan Madu

Lebah dan Madu
Image credit: Gaillardia and Bee by Xtream, at www.freeimages.com/photo/1394854

Lebah mempunyai Perut Yang Unik

Para lebah menggunakan lidah meraka yang berbentuk sedotan panjang untuk menghisap nektar dari bunga-bunga yang mereka hinggapi dan menyimpanya dalam perut madu mereka. Disinilah keunikan perut lebah, dimana lebah benar-benar memiliki dua perut. 1 perut yang disebut dengan istilah perut madu (honeystomachs ), mereka gunakan seperti ransel nektar, dan perut yang ke 2 adalah perut normal mereka. Perut madu memegang hampir 70 mg nektar, dan ketika penuh beratnya hampir sama seperti berat lebah itu sendiri. 1 Lebah madu setidaknya harus mengunjungi antara 100 hingga 1500 bunga untuk mengisi honeystomachs mereka.

Bagaimana Madu itu Terbentuk atau dihasilkan

Lebah madu kembali ke sarang dan mengoper nektar ke lebah pekerja lainnya . Lebah ini mengisap nektar dari perut lebah madu melalui mulut mereka . Disini,  ” di rumah lebah ” para lebah pekerja mengunyah nektar selama kurang lebih setengah jam . Selama waktu ini , enzim akan memecah gula kompleks dalam nektar menjadi gula sederhana sehingga lebih mudah untuk dicerna baik bagi lebah dan mengurangi kemungkinan diserang oleh bakteri ketika sedang disimpan dalam sarang. Lebah kemudian menyebar nektar di seluruh sarang di mana air akan menguap, sehingga membuatnya menjadi sirup kental. Lebah membuat madu kering lebih cepat dengan mengipasi dengan sayap mereka. Setelah madu cukup lengket, lebah menutup sel sarang lebah dengan lapisan lilin. Madu disimpan sampai nanti pada waktunya dimakan. Dalam satu tahun , koloni lebah makan antara 120 dan 200 pon madu.

Apa manfaat madu Untuk Kecantikan

Kulit merupakan lapisan luar yang menutupi semua bagian tubuh dan menjaga tulang, otot-otot serta daging. Selain itu, kulit juga sebagai tempat pembungkusan organ tubuh manusia dan sebagai tempat tumbuhnya bulu. Maka kulit harus benar-benar dijaga agar tidak terkena bakteri atau virus-virus yang masuk kedalam rongga tubuh.

Untuk menjaga kulit tetap bersih dan sehat, ada beberapa manfaat dari madu untuk menjaga kulit anda tetap stabil, diantaranya :

Madu dapat mengatasi rambut rontok

Rambut rontok bisa diatasi secara alami dengan menggunakan madu. Cara penggunaannya cukup mudah hanya mencampurkan 1sdm madu asli dengan 1sdt minyak zaitun ditambah 1sdt bubuk kayu manis. Setelah di aduk sampai rata, usapkan ramuan tersebut pada rambut diambkan 15 menit cuci selanjutnya cuci dengan air hangat.

Melembabkan kulit wajah dengan Madu

Madu mampu melembabkan dan melembutkan kulit secara alami. Cara penggunaannya juga tidak sulit, cukup mengoleskan madu yang telah dicampur dengan buah alpukat, kemudian tempelkan pada wajah hingga rata, dan diamkan selama 15 menit serta bilas sampai bersih.

Madu dapat mengobati luka

Madu mampu meminimalisir luka karena infeksi pada kulit. Seperti bekas jerawat ataupun luka lainnya, esensi pada madu mampu mempercepat proses penyembuhan pada luka.

Madu sebagai Anti Bakteri

Tingkat keasaman yang rendah, yaitu ph sekitar 3,2 hingga 4,5 membuat madu menjadi berrsifat anti bakteri. Patogen membutuhkan setidaknya tingkat keasaman dengan ph sekitar 7,2 hingga 7,4 untuk dapat tumbuh dan berkembang. Selain itu, senyawa organik seperti flavonoid, glikosida, dan polifenol juga sangat berperan sebagai zat anti bakteri dan antioksidan yang sangat kuat.

Manfaat madu khusus untuk perawatan kulit, sangat baik untuk kesehatan, sebagai bahan pencernaan tubuh agar tetap segar dan sehat. Maka perawatan seperti ini sering digunakan oleh orang-orang khusunya wanita. Sebab menjaga kecantikan kulit dan rambut merupakan hal yang paling baik bila tidak mengganggu dalam sebuah aktivitas sehari-hari. Madu juga mampu menyingkirkan jerawat tanpa bekas. Kulit akan tetap sehat ketika jerawat tidak muncul pada wajah  dan madu juga bisa membantu sebagai obat untuk perawatan kulit bagi orang yang menggunakannya dan sangat baik serta aman pada tubuh