Baik Buruknya Suntik Vitamin C Untuk Mencerahkan Kulit

Awalnya mungkin akan banyak yang bertanya apa itu Suntik Vitamin C ? Apa manfaat serta pengaruhnya untuk kulit kita ? Serta apakah ada efek sampingnya untuk kesehatan kita ?

Baik buruknya suntik vitamin C untuk kecantikan

Baik buruknya suntik vitamin C untuk kecantikan
Image credit : Ampule and syringe by Leonardini at www.sxc.hu/photo/1238929

Dalam artikel ini akan dijelaskan apa itu suntik vitamin C. Metoda kecantikan untuk mencerahkan kulit wajah yang sekarang kabarnya sudah cukup ramai orang yang menggunakannya terutama kaum wanita, bahkan dikalangan artis selebritipun sudah ada beberapa yang mencoba metoda ini untuk mencerahkan kulit wajahnya.

Apa Itu Suntik Vitamin C Untuk Mencerahkan Wajah

Suntik Vitamin C adalah metoda memasukan vitamin C dalam dosis tertentu melalui vena ditangan menggunakan jarum suntik, sehingga Vitamin C dapat langsung masuk ke dalam sel tubuh tanpa harus melewati sistem pencernaan lambung.  Dengan metode suntik Vitamin C ini, bukan hanya kulit wajah saja yang akan terliat cerah namun kulit seluruh tubuhpun akan menjadi cerah.  Salah satu keunggulan dari suntik vitamin C ini adalah, bahwa vitamin C yang disuntikan kedalam tubuh via vena tangan, kemungkinan terserap oleh tubuhnya sangat tinggi, sehingga dapat terhindar dari proses penyerapan usus yang secara umum dapa mengurangi penyerapan Vitamin C pada tingkat sel hingga mencapai 95%.

Untuk Anda yang ingin mencoba metoda kecantikan ini dan ingin benar-benar menjadikan kulitnya menjadi lebih cerah, perlu diketahui bahwa proses suntik vitamin C ini tidak cukup dilakukan hanya sekali saja, tetapi bisa rutin satu minggu sekali, dua minggu sekali, hingga satu bulan sekali selama 3 bulan. Hasilnyapun biasanya akan terlihat setelah 3 bulan rutin menjalankan proses ini.

Penting untuk dipahami, sebenarnya Suntik Vitamin C ini adalah untuk mencerahkan warna kulit ke warna asli kulit tubuh kita. Lalu jika ada yang bertanya ” warna kulit asli tubuh kita seperti apa ?” Warna kulit asli tubuh kita adalah warna kulit tubuh yang jarang terpapar sinar matahari, seperti pada bagian dada atau bagian tubuh yang selalu tertutup oleh pakaian kita, seperti penuturan salah seorang  Dokter dari klinik Kencana RSCM Jakarta - dr.Hanny Nilasari, Sp.KK.

Manfaat lain Suntik Vitamin C

Seperti halnya Vitamin C yang mempunyai beberapa fungsi dalam tubuh manusia, seperti sebagai anti oksidan,  membantu tubuh menjaga kesehatan kulit, membantu menyembuhkan luka, membantu merangsang pembentukan kolagen, dan membantu meregenerasi jenis vitamin lain dalam tubuh, Suntik Vitamin C juga mempunyai manfaat yang kurang lebih sama selain manfaatnya untuk mencerahkan kulit, seperti :

  • Meningkatkan imunitas tubuh terhadap serangan virus, seperti virus penyebab FLU
  • Memperkuat pembuluh darah (kapiler) menjadi lebih kuat dan tidak mudah pecah
  • Membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak
  • Membantu pemulihan tubuh setelah sakit

Sebenarnya treatment pencerahan kulit itu aman asal dilakukan dengan benar. Selalu cek dan keabsahan tempat dimana Anda akan melakukan treatment suntik Vitamin C, lihat apakah tempat tersebut punya ijin atau tidak. Selain itu cek juga keadaan diri Anda, apakah mempunyai alergi terhadap zat tertentu atau tidak, hal ini penting supaya Anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Efek Samping Suntik Vitamin C

Treatment kecantikan Suntik Vitamin C ini bukan berarti tanpa reksiko atau efek samping. Ada yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda benar-benar mencoba metoda ini. Perlu diketahui, didalam tubuh vitamin C dimetabolisme oleh ginjal dan dikeluarkan via urine, jadi apabila dosis yang digunakan terlalu banyak atau sembarangan maka kelebihan vitamin C ini akan terlalu dalam air dan disaring oleh ginjal, sehingga kerja ginjal akan semakin berat, bahkan dalam kasus terburuk bisa menyebabkan kerusakan ginjal atau terjadinya batu ginjal, jadi minumlah sebanyak-banyaknya air putih untuk mengimbangi dan mengurangi reksiko saat melakukan treatment suntik vitamin C untuk mencerahkan kulit ini.

Jadi bagi Anda yang mempunyai riwayat penyakit batu ginjal namun tetap ingin melakukan treatment ini disarankan untuk tidak terlalu sering melakukannya, cukup 1 sampai 2 minggu sekali dengan waktu penyuntikan sebanyak 8 kali. Langkah ini berguna supaya ginjal Anda tidak terlalu berat dalam bekerja.

Berikut ini beberapa efek samping yang bisa saja terjadi apabila Suntik vitamin C ini tidak dilakukan dengan dosis yang benar :

  • Iritasi
  • Rasa perih yang hebat
  • Reaksi alergi yang bisa menimbulkan kematian
  • Reksiko kerusakan ginjal atau terjadinya kristalisasi terbentuknya batu ginjal

Melihat reksiko diatas apakah Anda tetap masih tertarik untuk melakukan Treatment ini ? Jika ia, usahakan berkonsultasi dulu beberapa kali dengan dokter spesialis, bertanyalah kepada orang yang sudah pernah melakukannya ( jika ada ), cek kondisi kesehatan Anda seperti cek alergi dan juga ginjal Anda.

Para ahli kecantikan berpendapat bahwa meski Suntik Vitamin C ini memang bermanfaat untuk mencerahkan kulit secara cepat, namun Vitamin C yang berasal dari sayur dan buah-buahan alami tentu lebih aman dan juga menyehatkan, semoga bermanfaat.

 

Comments are closed.