7 Tips Atasi Kulit Yang Terbakar Sinar Matahari

Setelah menghabiskan banyak waktu bermain dipantai, atau karena sesuatu hal Anda harus berlama-lama dibawah sinar matahari, Anda mungkin menemukan bahwa diri Anda telah tersengat sinar matahari yang berapi-api. Dan beberapa hari kemudian, Anda mendapatkan rasa gatal-gatal dan kulit yang mengelupas. Mengelupasnya kulit tidak hanya membuat penampilan Anda kurang menarik, tapi juga bisa menjadi sangat menyakitkan. Oleh karena itu bagi Anda yang sedang mengalami masalah ini maka tips ini bisa sangat berguna bagi Anda, simak ulasannya dibawah ini.

7 Tips Ampuh Cara Mengatasi Kulit Yang Terbakar Oleh Sinar Matahari

Mendinginkannya

Jika Anda melihat kulit Anda mulai mengelupas, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengambil siraman air dingin atau mandi. Air dingin akan membantu kulit Anda menenangkan diri dan memperlambat proses pengelupasan. Ketika Anda mengeringkan kulit Anda, pastikan untuk mengeringkannya dengan handuk bersih, lembut dan harus hindari menggosoknya. Karena dengan menggosok kulit, Anda benar-benar dapat melukainya, mempercepat dan menyebarkan pengelupasan kulit Anda, dan kta yakin Anda pasti tidak ingin hal itu terjadi.

Hentikan rasa gatal

Dengan segala cara, Anda harus menghindari menggaruk kulit Anda ketika sedang mengelupas, karena dengan menggaruk kerusakan permanen pada kulit Anda dalam bentuk bekas luka bisa terjadi. Jika Anda tidak tahan untuk menggaruk, hal terbaik untuk dilakukan adalah dengan menggunakan es untuk mengurangi sensasi gatal tersebut. Anda bisa memasukan es dalam sepotong kain yang lembut, dan dengan lembut letakan kain dingin tersebut di atas daerah kulit Anda yang gatal. Gatal akan mereda setelah es mulai mendinginkan kulit.

Melembabkan kulit Anda

Setelah Anda keluar dari kamar mandi dan mengeringkan kulit Anda, usahakan untuk mengoleskan lotion pelembab. Carilah pelembab yang memang khusus dirancang untuk bekerja pada bekas sengatan matahari atau kulit yang mengelupas. Umumnya, lotion harus mengandung ekstrak lidah buaya yang akan mendinginkan kulit Anda, mengurangi peradangan dan memperlambat pengelupasan. Lidah buaya adalah ekstrak kaktus alami yang telah lama dipuji karena sifatnya yang menenangkan. Anda juga dapat menggunakan daging lidah buaya langsung dan menerapkannya langsung ke kulit yang mengelupas untuk membantu penyembuhan, melawan rasa sakit dan menghindari infeksi.

Minumlah banyak air

Setelah Anda berusaha mendinginkan kulit dari luar, kini saatnya untuk mengatasi masalah kulit Anda ini dari dalam. Sebenarnya, tidak ada yang membantu kulit Anda sebaik segelas air. Kulit yang sehat perlu untuk tetap terhidrasi, karena ketika kulit Anda rusak seperti setelah terbakar sinar matahari maka air menjadi lebih penting. Minum banyak air untuk memberikan kulit Anda semua energi yang dibutuhkan untuk memperbaiki dan menghidupkan kembali dari dalam. Jika Anda melihat awal kulit Anda mengelupas, pastikan untuk minum delapan sampai 10 gelas air per hari.

Jangan mengelupasnya!

Bersisik dan kulit yang mengelupas lebih dari sekedar menjengkelkan dan tidak menarik. Hal ini juga dapat menyebabkan infeksi. Mengupas kulit dapat menjadi infeksi jika Anda menggaruk atau mencoba untuk memaksa dan mengupas kulit dengan tangan Anda. Jika ada bagian dari kulit mati yang menggantung dan Anda ingin membuangnya, usahakan untuk tidak menariknya, sebaiknya ambil gunting kecil dan potong saja bagian kulit tersebut. Pastikan Anda hanya memotong kulit mati yang menggantung tersebut dan Anda tidak merobek kulit disampingnya karena bisa menyakitkan. Setelah Anda memotong kulit mati, Anda bisa mengoleskan salep antibakteri pada daeah tersebut.

Mencegah rusaknya jaringan parut

Mengurangi rasa gatal berhubungan melembabkan kulit Anda dengan mengambil mandi air dingin yang mengandung oatmeal koloid. Anda dapat menemukan oatmeal ini baik pada sebagian besar apotek. Untuk membantu mencegah jaringan parut, mempercepat penyembuhan dan mengurangi kerusakan kulit jangka panjang, konsumsilah suplemen antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E. Juga jangan lupa untuk mengoleskan krim pelembab juga.

Persiapkan tabir surya

Pencegahan adalah obat terbaik untuk segala masalah.Selalu memakai tabir surya untuk melindungi kulit Anda dari sinar ultraviolet yang berbahaya adalah kewajiban. Jika Anda pergi ke berenang dipantai atau dimanapun, pastikan untuk mengaplikasikan ulang tabir surya setiap kali Anda keluar. Saat mengaplikasikan tabir surya jangan lupakan juga bagian daerah tersembunyi, seperti di belakang telinga Anda, yang sering dilupakan dan akhirnya dibakar.