5 Manfaat Kunyit Untuk Perawatan Kulit Alami

Sebagian orang pasti tahu dengan yang namanya kunyit atau kunir, salah satu bumbu tradisional yang juga sebagai tanaman obat yang berupa semak dan bersifat tahunan (perenial) yang tumbuh subur di seluruh daerah beriklim tropis seperti Indonesia ini sering dijadikan bahan masakan dan juga sering dijadikan bahan utama membuat jamu, ternyata mempunyai manfaat yang sangat bagus juga untuk merawat kecantikan kulit.

5 Manfaat kunyit Untuk Prawatan Kulit Alami

5 Manfaat kunyit Untuk Prawatan Kulit Alami
Image kredit: Turmeric by Badagnani at commons.wikimedia.org/wiki/File%3ATurmericroot.jpg

Ramuan kunyit memang mempunyai bau yang sangat khas, namun dibalik itu banyak khasiat yang terkandung dalam kunyit ini yang dipercaya dapat merawat kehalusan dan kelembutan kulit dengan menggunakannya sebagai masker ataupun lulur.

Beberapa manfaat dari kunyit untuk perawatan kulit

Dibawah ini Anda bisa menyimak beberapa manfaat dari kunyit untuk perawatan kulit alami, dan mudah-mudahan menambah sedikit informasi buat Anda akan manfaat dai tanaman obat ini.

Manfaat Kunyit Untuk Menangani kerutan diwajah

Kunyit dipercaya dapat menangani  kerutan yang ada diwajah yang diakibatkan faktor usia ataupun penuaan dini, dengan menggunakan bubuk kunyit dan juga campuran susu cair yang dilakukan secara rutin dipercaya wajah akan kelihatan kencang kembali.

Manfaat Kunyit Untuk Memperlambat Kerusakan sel kulit

Kunyit dipercaya dapat memperlambat kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas dan bertambahnya usia, karena kunyit mengandung zat antioksidan yang dapat memperlambat kerusakan sel kulit, selain itu kerusakan kulit dapat dihambat dengan perawatan kulit dan wajah yang mengandung antioksidan, vitamin E dan C dan kunyit adalah salah satunya.

Manfaat Kunyit Untuk Membantu memperbaiki kondisi kulit akibat jerawat

Kerusakan kulit yang disebabkan oleh luka,bekas jerawat, kulit kering, psoriasis, hingga eczema, dapat diatasi dengan penggunaan kunyit sebagai bahan perawatan kulit. Kunyit tidak hanya membantu merawat bekas luka dan radang, tapi juga mengurangi pengeluaran minyak oleh kelenjar pada kulit wajah. Penggunaan bahan alami seperti ini tentunya jauh lebih aman, meskipun hasil yang didapat tidak instan.

Caranya, ambil 1 ruas kunyit lalu cuci, kupaslah kulitnya hingga bersih kemudian diparut. Hasil parutan inilah yang digunakan dan dioleskan pada bagian noda jerawat di kulit wajah Anda. Diamkan 15-20 menit lalu bilaslah sampai bersih, lakukan secara rutin.

Manfaat Kunyit Untuk Membantu mencerahkan kulit

Kunyit dapat berkhasiat untuk mencerahkaan kulit dengan cara alami. Dengan pemakaian secara rutin, warna kulit dapat menjadi lebih cerah. Selain itu juga kunyit dapat menghambat kerja melanin, yang bertugas membuat kulit lebih gelap. Kunyit bisa membuat kulit Anda lebih sehat bercahaya dengan cara alami.

Manfaat Kunyit sebagai media pengelupasan kulit

Kunyit merupakan bahan tradisional yang memiliki aroma yang sangat khas dan berwarna kuning, dan sangat cocok dijadikan media untuk pengelupasan kulit karena tekstur dari bubuk kunyit sangat halus, karena dibuat dengan mengambil pati kunyit, yaitu endapan yang terdapat pada perasan/santan/sari kunyit. Sari pati kunyit ini dapat dimanfaatkan sebagai butiran scrub, apabila dibalurkan pada kulit sebagai lulur/masker wajah, dapat mengangkat sel kulit mati pada lapisan kulit terluar. Semakin halus butiran scrub, maka akan semakin baik, karena dapat menghindari terjadinya luka dan iritasi pada kulit. Setelah melakukan perawatan menggunakan scrub kunyit kulit akan terasa sangat halus dan lembut.

Nah itulah beberapa info menarik tentang perawatan kulit menggunakan kunyit, semoga informasi diatas bisa bermanfaat.