1000 Manfaat dan Khasiat Teh Hijau Untuk Kecantikan Wajah

Teh hijau (Camelia Sinensis) atau biasa dikenal dengan nama sebutan lain yaitu Green Tea adalah daun teh alami yang tak mengalami proses fermentasi seperti pada umumnya teh hitam, sehingga tidak menyebabkan zat-zat aktifnya rusak. Manfaat teh hijau untuk kesehatan juga sudah sangat terbukti dan ini memang sudah dibuktikan dengan banyaknya penelitian dan kajian mengenai teh hijau ini. Manfaat teh hijau yang sudah sangat termasur seperti antioksidan, antiperadangan, antikanker dan masih banyak lagi.

Apakah Manfaat Teh Hijau Memang Baik Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Di kawasan Timur, teh hijau telah lama dikenal manfaatnya untuk kesehatan sebagai minuman ini anti stres, sedangkan didunia barat minuman teh hijau sering digunakan sebagai minuman untuk mengatasi masalah jerawat. Seperti disebutkan tadi teh hijau penuh antioksidan yang kuat, yang disebut catechin, dan ada 4 jenis  catechin yang terdapat pada teh hijau meliputi: epicatechin (EC), epicatachin gallate (ECG), epigallocatechin (EGC) dan epigallocatechingallate (EGCG).

Diantara 4 jenis komponen tersebut, epigallocatechingallate (EGCG) adalah yang paling dominan dalam teh, dan juga paling bermanfaat bagi kesehatan. EGCG terbukti mampu mencgah percepatan oksidasi kolesterol, sehingga reksiko penyumbatan pembuluh darah yang merupakan penyebab terjadinya penyakit jantung dapat dikurangi. Epigallocatechingallate (EGCG) pada teh hijau memang jumlahnya jauh lebih banyak dibandingkan teh hitam, hal ini terjadi karena komponen EGCG  dapat rusak jika terkena proses fermentasi seperti yang terjadi pada proses pembuatan teh hitam, meski begitu bukan berarti teh hitam tidak berkhasiat.

Penggunaan Teh Hijau Untuk Kecantikan

Selain penggunaanya dalam dunia kesehatan, ternyata teh hijau juga bermanfaat dalam dunia kecantikan, bahkan tidak sedikit produk-produk kecantikan baik kulit, wajah dan juga rambut yang menggunakan ekstrak teh hijau dalam campuran bahan produknya, seperti lotion, cream, shampo, obat kumur, deodorant, pasta gigi dan masih banyak lagi.

Kandungan Vit-C dan E pada teh hijau serta kemampuanya sebagai antioksidan dipercaya mampu mengimbangi radikal bebas sehingga memperlambat proses penuaan dan kulit keriput, meskipun penggunaanya topikal (diluar tubuh). Teh hijau juga mampu mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari berlebih, bahkan mencegah terjadinya kanker kulit. Berikut beberapa manfaat teh hijau untuk kecantikan yang mungkin bisa Anda coba aplikasikan sendiri dirumah.

1. Teh hijau untuk menghilangkan mata bengkak dan lingkaran hitam pada area mata

Teh hijau ternyata sering digunakan untuk menghilangkan lingkaran hitam pada area mata, mata yang sembab atau bengkak, serta meringankan kantung dibawah mata. 2 buah senyawa aktif yang terkandung pada teh hijau ternyata mampu mengatasi itu semua, 2 senyawa itu adalah kafein dan tanin. Kafein yang terkandung pada teh hijau konon mampu mengencangkan kulit diarea mata, sehingga sangat bermanfaat untuk mengatasi kantung mata. Sedangkan tanin mampu mengurangi peradangan, pembengkakan dan memberi kesegaran diarea mata.

Lihat disini  Cara menghilangkan lingkaran hitam dan mata sembab dengan Teh Hijau.

2. Scrub alami teh hijau untuk wajah

Scrub berguna untuk mengangkat sel kulit mati, mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori pada wajah Anda sehingga kulit dapat dengan maksimal menyerap kebaikan dari produk perawatan wajah yang Anda gunakan. Namun kadang kala scrub yang beredar dipasaran terlalu keras sehingga mengakibatkan kulit wajah menjadi kering dan mungkin bersisik.

Scrub alami teh hijau berikut ini mungkin bisa menjadi alternatif untuk merawat kulit wajah Anda, untuk melembutkan dan juga menghaluskan kulit. Berikut caranya :

  • Pertama seduhlah teh hijau dalam mangkuk kecil
  • Ambil dan campurkan 1 sdt tepung jagung (cornmeal) yang berkualitas bagus dengan air seduhan teh hijau tadi hingga menjadi scrub yang lembut
  • Balurkan pada wajah dan biarkan 10 – 20 menit, hingga terlihat kering
  • Cuci wajah Anda.

Untuk Anda yang berkulit sensitif, scrub teh hijau ini mungkin kurang cocok . Namun jangan khawatir, tips berikut ini mungkin bisa Anda coba, mempunyai fungsi yang hampir sama yaitu untuk mengikis sel kulit mati, melembutkan namun juga meremajakan kulit. Berikut caranya :

  • Campur seduhan teh hijau dengan 1 sdm susu bubuk, aduk hingga membentuk pasta
  • Setelah jadi, oleskan pada wajah dan biarkan hingga kering
  • Bilas wajah sampai bersih

Sebaiknya lakukan minimal 2 atau 3 minggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal

3. Teh hijau untuk mengencangkan wajah

Memang luar biasa manfaat dari teh hijau untuk wajah dan kecantikan. Tak berhenti sampai disitu saja manfaat dari teh hijau tersebut, tips kali ini akan diuraikan manfaat teh hijau untuk mengencangkan wajah. Bahan tambahan yang digunakan kali ini adalah putih telur, berikut cara membuatnya :

  • Campur kira-kira 2/3 sdt bubuk teh hijau dengan 1 atau 2 sdt air dan 1 sdt putih telur dalam wadah kecil
  • Aduk perlahan hingga rata dan menjadi pasta
  • Oleskan menggunakan jari tangan atau kuas wajah, namun hati-hati area sekitar mata
  • Biarkan 15 sampai 20 menit, lalu bilas sampai bersih menggunakan air hangat
  • Lakukan minimal 2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal

Dengan masker teh hijau dan putih telur ini wajah Anda akan menjadi lebih kencang alami. Terima kasih sudah membaca artikel mengenai manfaat teh hijau untuk kecantikan wajah alami, semoga tips singkat ini bisa memberi manfaat untuk Anda semua.

 

Comments are closed.