10 Cara Mengatasi rambut bercabang

Apakah pembaca semua ada yang sedang mengalami masalah rambut bercabang ? Jika iya, maka 10 cara mengatasi rambut bercabang berikut ini layak untuk Anda simak.

Tips cara mengatasi rambut bercabang

Tips cara mengatasi rambut bercabang
Image credit : Hair by Photojock at www.morguefile.com/archive/display/222571

Perlu diketahui, rambut bercabang sebenarnya terjadi karena minyak alami yang terdapat pada akar rambut tidak sampai keujung rambut, sehingga ujung rambut cendrung pecah atau bercabang. Masalah rambut bercabang ini tidak hanya dialami oleh mereka-mereka yang memiliki rambut yang panjang, namun bagi yang berambut pendekpun jika perawatannya sembarangan dan tidak pernah memperhatikan kesehatan rambut dan kulit kepalanya maka mungkin bisa juga terjadi seperti ini.

Penggunaan conditioner setelah keramas biasanya dilakukan untuk mengatasi masalah rambut becabang ini. Conditioner diusapkan dari tengah rambut hingga keujung rambut, sehingga ujung rambut mendapatkan kelembaban. Apabila kerusakannya tidak terlalu parah maka cara ini biasanya dapat mengatasi rambut bercabang tersebut, namun jika terlalu parah maka pemotongan ujung rambut adalah jalan akhir yang terbaik. Dibawah ini akan dijelaskan 10 cara mengatasi rambut yang bercabang, dan beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan rambut bercabang ini muncul.

10 Cara untuk Mengatasi Rambut Bercabang Untuk Anda

  1. Pertama, jika Anda sering ganti-ganti shampo maka mulai dari sekarang hentikan kebiasaan buruk tersebut. Sering berganti shampo malah hanya akan membuat rambut Anda semakin tidak sehat.
  2. Jika rambut Anda sudah terlalu parah, maka pemotongan ujung rambut adalah langkah yang terbaik. Lakukanlah kira-kira 2 bulan sekali.
  3. Jangan lupa, lakukan juga pemberian conditioner setelah Anda melakukan keramas. Saat keramas ini lakukanlah pijatan lembut pada kulit kepala Anda, dan saat pemberian conditioner berfokuslah pada tengah rambut hingga keujung rambut, karena area inilah yang sebenarnya membutuhkan kelembapan.
  4. Hindari menggosok yang terlalu keras saat mengeringkan rambut, karena hal ini dapat membuat kondisi rambut menjadi semakin rusak
  5. Hindari terlalu sering mengeringkan rambut menggunakan hairdryer, karena panas berlebih dari hairdryer mampu membuat rambut menjadi kering, rusak dan rapuh. Cukup gunakan disaat-saat urgent saja.
  6. Gunakan sisir yang bergigi agak renggang, karena sisir bergigi rapat mampu membuat rambut menjadi rudak dan bercabang.
  7. Gunakan pelindung kepala seperti topi saat berada diluar ruangan saat kondisi sedang panas-panasnya.
  8. Cobalah melakukan perawatan rambut menggunakan lidah buaya, aloevera atau lidah buaya ini memang terkenal sangat baik untuk menyehatkan rambut
  9. Cobalah melakukan perawatan dari dalam, seperti mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin B. Karena vitamin B mampu menyehatkan kulit dan juga rambut.
  10. Yang terakhir, konsultasilah dengan dokter spesialis jika rambut bercabang Anda malah semakin parah. Dokter spesialis biasanya mempunyai alat-alat yang dapat memeriksa kondisi rambut ataupun kulit kepala Anda.

 

Comments are closed.